• Oktober 23, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Formula E Seri 11 di Jakarta Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Formula E bisa saja tidak digelar di Jakarta pada 2024 karena adanya Pemilihan Presiden (Pilpres) RI. Jakpro selaku panitia Formula E di Indonesia bahkan sampai buka suara untuk menanggapi hal ini.

Sebelumnya, pada 19 Oktober lalu, ofisial Formula E merilis daftar seri dan sirkuit untuk musim 2024. Dari 10 seri yang ada, tidak ada Jakarta.

Padahal, selama 2 musim beruntun, Jakarta International e-Prix Circuit selalu menjadi tuan rumah Formula E. Balapan selalu diadakan pada Juni.

“Acara yang direncanakan di Jakarta pada hari Sabtu, 8 Juni [2024], tidak akan dilaksanakan setelah diumumkannya masa kampanye Pilpres Indonesia hampir sepanjang Juni. Hal ini akan berdampak pada logistik pengiriman balapan di jalanan ibu kota secara bersamaan,” tulis ofisial Formula E di situs web resmi.

“Formula E dan pihak berwenang di Jakarta sedang menjajaki kelayakan balapan di kota itu pada tanggal alternatif,” lanjut mereka.

Formula E Seri 11 di Jakarta Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Sebenarnya, acara pilpres dan pemilihan umum legislatif dijadwalkan rampung pada Maret 2024. Sementara, pelantikan serta pengucapan sumpah presiden dan wakil presiden terpilih baru pada Oktober.

Direktur Utama Jakpro, Iwan Takwin, saat ini tengah mengupayakan berkomunikasi dengan pihak Formula E Operation (FEO). Ia berharap bisa menemukan solusi tanggal alternatif.

“Jakpro saat ini tengah melalui beberapa tahapan komunikasi dan koordinasi secara intensif bersama FEO terkait perubahan jadwal penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Balap Mobil Listrik Formula E di Jakarta,” katanya dalam keterangan resmi, Senin (23/10).

“Berbagai pertimbangan yang menjadi garis besar penyelenggaraan event internasional ini, khususnya tentang efektivitas penyelenggaraan event dunia di tengah proses demokrasi dalam negeri yang akan berjalan nantinya.”

“Kami memahami, bahwa kalender FIA yang ditayangkan tersebut memiliki dampak global terhadap negara-negara yang terlibat di dalamnya, dan kami mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh FIA dan FEO terhadap pesta demokrasi Indonesia tahun depan yang akan menjadi perhatian dan konsentrasi utama bagi seluruh pihak yang sama-sama ingin memastikan kelancaran Pemilihan Umum Presiden 2024,” tandasnya.

Formula E Seri 11 di Jakarta Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Kalender Formula E Musim 2024

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *