• Oktober 19, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi gambar lapangan lompat jauh. Foto: Pexels/Tanhauser Vázquez R.
Ilustrasi gambar lapangan lompat jauh. Foto: Pexels/Tanhauser Vázquez R.

Lompat jauh adalah salah satu cabang olahraga atletik yang sering diperlombakan. Untuk melaksanakannya, tentu perlu tahu ukuran lapangannya. Oleh sebab itu, jawaban "Buatlah gambar lapangan lompat jauh!" menjadi hal yang wajib diketahui.

Adanya gambar lapangan dapat mengetahui bagaimana hal-hal yang harus diperhitungkan dalam melakukan lompat jauh. Dengan begitu. seseorang bisa meraih lompatan sejauh mungkin sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pengertian Lompat Jauh

Ilustrasi pengertian lapangan lompat jauh. Foto: Pexels/RUN 4 FFWPU
Ilustrasi pengertian lapangan lompat jauh. Foto: Pexels/RUN 4 FFWPU

Dikutip dari buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMA/MA Kelas 10 oleh Damar Pamungkas dan Bambang Kusnanto (2021), lompat jauh adalah suatu bentuk gerakan melompat, mengangkat kaki ke atas ke depan dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara (melayang di udara) yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak yang sejauh-jauhnya.

Dikatakan lompat karena tumpuan yang digunakan adalah satu kaki, apabila dilakukan dengan dua kaki maka disebut loncat. Sasaran dan tujuan lompat jauh adalah untuk mencapai jarak lompatan sejauh mungkin ke sebuah bak lompat yang biasanya berupa bak pasir.

Jarak lompatan diukur dari papan tolakan sampai batas terdekat dari letak pendaratan yang dihasilkan oleh bagian tubuh.

Tujuan lompat jauh adalah mencapai jarak lompatan yang sejauh-jauhnya yang mempunyai empat unsur gerakan yaitu awalan, tolakan, sikap badan di udara, sikap badan pada waktu jatuh atau mendarat.

Gambar Lapangan Lompat Jauh

Gambar lapangan lompat jauh dan ukurannya bisa ditemukan dengan mudah. Salah satunya adalah sebagai berikut:

Gambar lapangan lompat jauh dan ukurannya. Foto: M. Zaenal
Gambar lapangan lompat jauh dan ukurannya. Foto: M. Zaenal

Dalam lapangan lompat jauh, perlengkapan yang digunakan yakni

1. Bak lompat

Bak lompat biasanya diisi dengan pasir halus berukuran panjang minimal 10 m dan lebar 2,75 m.

2. Pita ukur/meteran gulung

Pita ukur digunakan untuk mengukur seberapa jauh lompatan tiap pelompat, cara mengukurnya adalah dengan meletakkan titik nol meter pada pita ukur di tempat pendaratan pelompat kemudian ditarik sampai titik terdalam dari papan tolakan.

3. Bendera isyarat

Bendera isyarat digunakan untuk memberikan tanda titik pendaratan pelompat, yaitu titik terdekat bagian badan yang mendarat di bak pasir.

4. Lintasan awalan

Lintasan awalan untuk lompat ini panjangnya adalah 45 m dari papan tolakan, lebar dari lintasan awalan adalah 1,22 m.

5. Papan tolakan

Papan tolakan adalah tempat berpijak pelompat saat melakukan tolakan atau lompatan ke bak pasir. Ukuran papan tolakan adalah lebar 20 cm dan tebal 5 cm serta panjang sesuai dengan lebar lintasan awalan.

Baca Juga: Syarat Sah Lompat Jauh yang Perlu Diperhatikan Atlet

Sekarang sudah mengetahui bagaimana gambar lapangan lompat jauh sebagai cabang atletik dan ukurannya bukan? Semoga penjelasan di atas bermanfaat agar bisa mendapatkan lompatan terjauh secara benar.(MZM)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *