• Oktober 27, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi seismograf gempa bumi. Foto: Getty Images
Ilustrasi seismograf gempa bumi. Foto: Getty Images

Gempabumi berkekuatan 5,3 magnitudo mengguncang Sumba Timur, Waingapu, Nusa Tenggara Timur, Jumat (27/10) pukul 14.49. WIB.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 9,78° LS ; 120,17° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 16 Km arah BaratDaya Waingapu, Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 76 km.

Berdasarkan lokasi episenter dan kedalamannya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault)," ucap Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan tertulis yang diterima kumparan.

Tidak berpotensi tsunami

Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Waingapu dengan skala intensitas III-IV MMI yakni pada siang hari dirasakan oleh orang banyak di dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Sedangkan di Waitabula, Waikabubak, dan Bima skala intensitas II MMI yakni getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," ucap Daryono.

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan jangan terpengaruh isu hoaks. Selain itu hindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," kata Daryono.

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *