• Oktober 28, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Pertandingan kualifikasi sepak bola wanita PON 2024. Foto: Aji Nugrahanto/kumparan
Babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 cabang olahraga sepak bola wanita hari kelima rampung digelar pada Jumat (27/10). Dalam pertandingan kemarin, dua tim unggulan, yakni DKI Jakarta dan Jabar, sukses mengamankan tiga poin tambahan.

Tim DKI berhasil menaklukkan Banten dalam laga pamungkas Grup B kualifikasi PON XXI 2024. Pertandingan yang dihelat di Stadion Ingub Klender, Jakarta Timur, pada Jumat (27/10) itu berakhir dengan skor telak 8-0.

Delapan gol DKI dicetak oleh lima pemain yang berbeda. Mereka adalah Viny Silfianus (6’), Carla Bio Pattinasarany (7’, 51’), Sheva Imut (9’, 73’), Sella Seviany (42’), dan Rihla Nuer Aulia (62’, 63’).

Kemenangan ini membuat tim asuhan Aji Riduan itu langsung lolos ke putaran final PON XXI yang akan digelar pada 5-19 September 2024. Mereka menempati posisi puncak di klasemen akhir Grup B dengan torehan enam poin, hasil dari dua kali kemenangan: 8-0 melawan Banten dan 9-0 kontra Lampung.

Sementara itu, Banten, yang dua kali menelan kekalahan di fase Grup B kualifikasi PON XXI 2024, terpaksa harus mengubur mimpinya untuk bisa lolos ke putaran final. Sebab, Iyya Lovista dkk menjadi juru kunci klasemen grup dengan nol poin, hasil dari kekalahan di laga kontra Lampung (1-3) dan Jakarta (0-8).

Di pertandingan Grup D, Kalimantan Timur juga berhasil menggondol tiket ke putaran final PON XXI 2024 usai menahan imbang tim tuan rumah, Kalimantan Tengah, dengan skor 1-1. Laga hidup dan mati itu digelar di Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya, Jumat (27/10).

Kekalahan ini sangat menyakitkan bagi si empunya rumah. Sebab, mereka hanya terpaut satu gol saja dengan si pemuncak klasemen: Kalimantan Timur 11 gol, sementara Kalimantan Tengah 10 gol.

Partai hidup dan mati juga dialami oleh Jawa Timur kala menjamu Jawa Barat di Stadion Jenggolo, Sidoarjo, pada Jumat (27/10). Tim Jawa Barat lolos dramatis ke putaran final PON XXI 2024 berkat duel koin!

Sebelumnya, di leg pertama, Jawa Timur berhasil mengandaskan perlawanan tim tamu, Jawa Barat, dengan skor tipis 2-1. Kemenangan tersebut membuat Sabrina dkk menempati posisi puncak klasemen sementara Grup C dengan tiga poin. Mereka hanya harus menahan imbang Jawa Barat saja untuk bisa lolos ke putaran final PON.

Apesnya, Jawa Timur malah tak bisa mempertahankan keunggulannya di leg kedua, setelah dikalahkan 1-2 oleh Jawa Barat. Agregat keduanya pun sama, menjadi 3-3, yang seharusnya ditentukan oleh babak tambahan atau adu penalti.

Namun, uniknya, usai waktu normal selesai, pertandingan dihentikan. Alih-alih melanjutkannya dengan babak tambahan atau adu penalti, panitia pelaksana malah memutuskan kelolosan salah satu timnya lewat tos koin yang dilakukan oleh wasit.

Adegan menegangkan itu disaksikan oleh kapten dan ofisial dari kedua tim. Saat wasit melempar koin di tepi lapangan, hasilnya tim Jawa Barat lolos ke PON XXI 2024. Sementara Jawa Timur terpaksa gigit jari setelah nasib timnya ditentukan hanya lewat satu buah koin.

Rekap Hasil Kualifikasi PON XXI 2024 Hari Kelima

DKI Jakarta: Viny Silfianus (6’), Carla Bio Pattinasarany (7’, 51’), Sheva Imut (9’, 73’), Sella Seviany (42’), Rihla Nuer Aulia (62’, 63’).

Jawa Timur 1-2 Jawa Barat

Jawa Timur: Dewi Tia Sapitri (55’)

Jawa Barat: Sintia Febriana (3’, 64’)

Kalimantan Tengah 1-1 Kalimantan Timur

Kalimantan Tengah: Putri Gladizia (33’)

Kalimantan Timur: Fransiska Bella (63’ (P))

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *