• Oktober 25, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ibu Hamil Rentan Terserang Flu, Kenapa Ya? Foto: Shutterstock
Selama kehamilan, ibu wajib menjaga kesehatan dan kebersihan. Menjaga kesehatan ibu hamil artinya menjaga janin dari bahaya. Meski sudah menjaga diri sedemikian rupa, ibu hamil berpotensi terserang penyakit, salah satunya flu.

Dikutip dari Baby Centre, setidaknya ada lebih dari 200 virus yang menyebabkan gejala flu biasa. Biasanya gejala flu muncul terus menerus selama satu pekan.

Namun, meski sang ibu mengalami flu, kondisi itu tak berdampak signifikan bagi bayi di perut. Tetapi, jika Anda mengalami demam di awal kehamilan, hal ini mungkin berbahaya bagi perkembangan bayi.

Moms, saat hamil dan terserang flu, penting untuk rutin memeriksa suhu tubuh. Hubungi dokter jika suhu tubuh lebih tinggi dari 38 derajat Celcius.

Cara Cegah Ibu Hamil Terserang Flu

Anda tidak selalu berhasil menangkal flu. Selama kehamilan, Anda bisa terkena flu hingga tiga kali. Kemungkinan besar Anda tertular virus ketika menyentuh seseorang yang sedang flu. Anda juga bisa terkena flu imbas memegang benda yang disentuh oleh mereka yang sedang flu.

Artinya, menjaga kebersihan, benar-benar dapat membantu mencegah penyebaran flu. Berikut, beberapa tips mencegah flu untuk ibu hamil:

– Sering-seringlah mencuci tangan dengan air sabun.

– Hindari menyentuh hidung atau mata, karena virus sering kali masuk ke tubuh Anda melalui hidung atau mata.

– Mintalah orang-orang di sekitar Anda untuk berlatih “tangkap, buang, bunuh”. Tangkap batuk dan bersin dengan tisu, buang, lalu cuci tangan dengan sabun (bunuh kuman).

– Bersihkan rumah dan ruang kerja Anda secara teratur.

– Hindari berbagi peralatan makan, gelas, atau piring dengan orang yang sedang pilek.

– Hindari berbagi handuk – gunakan handuk Anda sendiri, atau gunakan handuk kertas untuk mengeringkan tangan Anda.

Apabila memungkinkan, Anda sebaiknya menjauh dari siapa saja yang sedang flu. Mengonsumsi suplemen vitamin C setiap hari tidak akan mencegah Anda terkena flu, namun dapat mengurangi efek dan tingkat keparahannya.

Gaya hidup sehat tanpa stres dengan pola makan yang baik, olahraga teratur, dan tidur cukup, akan memberi Anda perlindungan terbaik.

Ilustrasi perempuan hamil sedang flu. Foto: Shutterstock

Cara Obati Flu saat Hamil

Antibiotik tidak akan membantu jika Anda sedang flu. Cara pertama yang bisa dilakukan yakni istirahat apabila lelah. Kemudian, makan makanan bergizi dan banyak minum air putih agar tetap terhidrasi.

Hidung tersumbat merupakan suatu hal yang mengganggu. Anda dapat mencoba menghirup uap atau menggunakan semprotan hidung air garam untuk meringankan gejala flu. Beberapa obat gosok uap dianggap aman digunakan pada kehamilan.

Jika ingin mengkonsumsi obat apa pun saat hamil, selalu tanyakan kepada apoteker atau dokter Anda terlebih dahulu. Hal itu dilakukan karena sering kali obat tersebut tidak direkomendasikan untuk kehamilan.

-Mengobati batuk atau sakit tenggorokan

Untuk meredakan batuk, Anda bisa mencoba pengobatan yang dianjurkan untuk anak-anak, seperti madu dan lemon yang dicampur dengan air panas . Berkumur dengan air garam mungkin bisa membantu mengatasi sakit tenggorokan. Obat batuk berguna untuk membantu Anda mengurangi intensitas batuk.

Anda dapat menurunkan demam dengan parasetamol karena aman dikonsumsi selama kehamilan. Ikuti petunjuk dosis pada kemasannya dan, seperti semua obat saat Anda hamil, minumlah dalam waktu sesingkat mungkin .

Meskipun parasetamol sering direkomendasikan untuk menghilangkan rasa sakit, hal ini belum tentu didasarkan. Jika Anda memang mengalami sakit kepala, minumlah banyak cairan dan banyak istirahat untuk membantu meredakannya ya, Moms.

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *