• Oktober 27, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Penampakan ikan sepak bola Pasifik langka yang terdampak di sebuah pantai California.  Foto: California State Parks/Facebook
Penampakan ikan sepak bola Pasifik langka yang terdampak di sebuah pantai California. Foto: California State Parks/Facebook

Ikan aneh berwarna hitam pekat dengan bentuk menyeramkan terdampar di sebuah pantai di California Selatan, AS. Ikan itu memiliki tangkai seperti unicorn di kepalanya dengan gigi runcing seperti duri kaktus.

Ikan misterius tersebut ditemukan oleh seorang penjaga pantai musiman di Pantai Moro, California, AS, pada Jumat (13/10). Ikan kemudian diambil oleh California Department of Fish and Wildlife untuk periksa.

Hasilnya, hewan itu diidentifikasi sebagai ikan sepak bola Pasifik betina alias Pacific footballfish (Himantolophus sagamius). Menurut Michelle Horeczko, peneliti lingkungan di California Department of Fish and Wildlife, spesimen footballfish tersebut berukuran 36 cm dari mulut hingga sirip ekor.

Secara global, hanya 30 footballfish yang berhasil ditangkap sepanjang sejarah, sehingga penemuan ini akan memberikan informasi berharga tentang kehidupan Pacific footballfish.

Ikan sepak bola Pasifik adalah spesies anglerfish yang hidup di Samudera Pasifik di kedalaman 600 hingga 1.000 meter di bawah permukaan laut. Footballfish juga pernah ditemukan terdampar di pantai California oleh seorang pengunjung pada 2021.

Ikan sepab bola Pasifik alias Pacific footballfish ditemukan terdampar di sebuah pantai di California.  Foto: California State Parks/Facebook
Ikan sepab bola Pasifik alias Pacific footballfish ditemukan terdampar di sebuah pantai di California. Foto: California State Parks/Facebook

“Sangat jarang melihat anglerfish utuh dan belum diketahui bagaimana atau mengapa ikan ini bisa sampai ke daratan,” tulis Crystal Cove State Park sebagaimana dikutip Live Science.

Footballfish memiliki gigi seperti pecahan kaca yang runcing, transparan dan mulutnya yang besar mampu menyedot dan menelan mangsa seukuran tubuhnya. Menurut California Academy of Science, Pacific footballfish adalah satu dari lebih 300 spesies anglerfish yang hidup di laut dalam di seluruh dunia.

Anglerfish betina bisa tumbuh dengan panjang mencapai 61 sentimeter –10 kali lebih besar dari anglerfish jantan yang berevolusi untuk menempel pada betina dan bertindak sebagai penyedia parasit seumur hidup untuk sperma.

“Hanya betina yang memiliki tangkai panjang di kepala dengan ujung bercahaya yang digunakan sebagai umpan untuk memikat mangsa,” tulis Crystal Cove State Park.

Jantan dari beberapa spesies menggabungkan aliran darah mereka dengan inangnya, akhirnya menyatu dengan betina sampai tidak ada yang tersisa dari bentuknya kecuali testisnya untuk reproduksi.”– Crystal Cove State Park –

Setelah diperiksa, ikan sepak bola Pasifik itu diserahkan ke Museum Sejarah Alam di Los Angeles. Ikan footballfish yang ditemukan pada 2021 juga disimpan di sana untuk diawetkan sehingga spesimen tersebut dapat diteliti lagi di lain waktu.

“Meski alasan ikan ini terdampar masih menjadi misteri, melihat ikan aneh dan menakjubkan ini merupakan bukti keanekaragaman kehidupan laut yang bersembunyi di bawah permukaan air di kawasan perlindungan laut California,” papar Department of Fish and Wildlife dalam sebuah postingan di Facebook.

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *