• Oktober 23, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Jenis-Jenis Profesi di Bidang Informatika. Foto: dok. Unsplash/Desola Lanre-Ologun
Jenis-jenis profesi di bidang informatika menjadi prospek pekerjaan yang sedang dicari. Khususnya bagi para mahasiswa yang mengambil jurusan yang beririsan dengan ilmu informatika.

Saat ini sudah cukup banyak siswa yang berminat untuk memperdalam pengetahuan tentang ilmu informatika. Hal ini dikarenakan banyaknya lahan pekerjaan yang membutuhkan pengetahuan informatika yang mumpuni.

Jenis-Jenis Profesi di Bidang Informatika beserta Tugas dan Tanggung Jawabnya

Ilustrasi Jenis-Jenis Profesi di Bidang Informatika. Foto: dok. Unsplash/CoWomen

Dikutip dari buku berjudul Metode Penelitian Teknik Informatika, Ade Djohar Maturidi (2014: 61), informatika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang, yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi.

Secara umum, informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang digunakan untuk mengumpulkan data, memproses, dan menyimpan hasil pemrosesan data, kemudian menampilkannya ke dalam bentuk informasi.

Ilmu informatika mencakup beberapa bidang keilmuan, seperti teori informasi, ilmu informasi, ilmu komputer, teknik komputer, sistem informasi, keamanan informasi, keamanan informasi, aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen, dan informatika sosial.

Masing-masing bidang ilmu informatika tersebut memiliki konsep dasar, teori, dan aplikasi yang berbeda-beda. Saat ini sudah ada banyak sekali jenis-jenis profesi di bidang informatika.

Berikut ini adalah beberapa jenis profesi di bidang informatika yang dapat dicoba bagi lulusan ilmu informatika dan sejenisnya.

1. Data Scientist & Data Analyst

Memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengumpulkan, mengekstrak, dan menginterpretasi data mentah dengan algoritma machine learning hingga menjadi informasi berharga untuk pengambilan keputusan perusahaan.

2. Cyber Security Analyst

Memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjaga infrastruktur IT perusahaan, memantau jaringan, sistem, data informasi digital, hingga mendeteksi adanya ancaman keamanan seperti pencurian data, peretasan, serta malware.

Bertugas dan bertanggung jawab untuk menulis, membuat, memprogram, dan mengembangkan coding sistem aplikasi maupun software.

Memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai jembatan antara tim teknis dengan klien untuk mengatasi permasalahan IT terkait sistem dan operasional perusahaan klien.

Memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membangun produk situs web atau sistem web untuk menambah engagement sehingga banyak orang tertarik untuk membelinya.

Dengan mengenal apa saja jenis-jenis profesi di bidang informatika beserta tugas dan tanggung jawabnya, pengetahuan terkait bidang pekerjaan yang tersedia dapat terus bertambah. Semoga bermanfaat. (DAP)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *