• Oktober 23, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Proyek Jalan Tol Serpong-Cinere masih dalam proses penyelesaian. Foto: Dok. Jasa Marga
Proyek Jalan Tol Serpong-Cinere masih dalam proses penyelesaian. Foto: Dok. Jasa Marga

Di satu tahun tersisa masa pemerintahannya, Presiden Jokowi tetap gas pol dengan proyek infrastruktur. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengungkapkan ada dua ruas tol baru yang akan diresmikan Presiden dalam waktu dekat.

Kedua ruas jalan tol yang akan diresmikan itu masing-masing Tol Prabumilih-Indralaya (Prabumulya) di Tol Trans Sumatera. Selain itu Tol Cinere-Serpong yang menghubungkan Tangerang Selatan dengan Depok.

"Mungkin hari Kamis nanti dari Palembang-Prabumulya. Kan hari Kamis beliau (Jokowi) ke sana," kata Basuki Hadimuljono kepada media di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (23/10).

Mengutip laman resmi Kementerian PUPR, jalan tol Prabumulih-Indralaya sepanjang 64,5 km sudah dioperasikan tanpa tarif sejak 30 Agustus 2023.

Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Triono Junoasmono, menjelaskan Tol Prabumulya merupakan bagian dari pembangunan Jalan Tol Simpang Indralaya-Muara Enim dengan total panjang mencapai sekitar 119 Km.

Proyek jalan tol Prabumulih-Indralaya di Sumatera Selatan. Foto: Dok. Kementerian PUPR
Proyek jalan tol Prabumulih-Indralaya di Sumatera Selatan. Foto: Dok. Kementerian PUPR

Proyek tersebut terbagi menjadi dua seksi, yakni seksi 1 Prabumulih-Simpang Indralaya sepanjang 64,5 Km dan seksi 2 Prabumulih-Muara Enim sepanjang 54,5 Km.

Jalan tol tersebut melewati wilayah Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Muara Enim, dan Kota Prabumulih yang dilengkapi dua Simpang Susun, 1 Gerbang Tol, dan 2 Rest Area Tipe A. Pada ruas tol yang dirancang untuk kecepatan 100 km per jam itu juga terdapat 18 jembatan.

Selain ruas tol di Trans Sumatera, Jokowi juga dijadwalkan akan meresmikan Tol Serpong-Cinere. Ruas tol sepanjang 8,8 km itu sudah selesai dibangun, namun belum dioperasikan dan diresmikan.

Menurut Menteri PUPR, sebenarnya pengoperasian sudah bisa dilakukan sebelum peresmian. "Ya kalau Serpong-Cinere saya kira sudah 8,8 km itu sebetulnya buka saja enggak apa-apa, bisa kan."

Soal waktu peresmian jalan tol tersebut, menurut Basuki Hadimuljono, akan menunggu arahan setelah dia melaporkannya ke Presiden Jokowi. "Ya nanti akan dilaporkan dulu besok (Selasa) tetapi yang pasti yang kamis dulu besok yang Prabumulya," pungkasnya.


]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *