• Januari 17, 2024
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA, Jakarta – alias Presiden Joko Widodo Jokowi letakkan batu pertama pembangunan Super Hub Nusantara Logistic Hub Pos Indonesia di Ibu Kota Nusantara atau IKN yang akan memperkuat rantai pasok domestik di Indonesia.

“Saya menyambut baik peluncuran Nusantara Logistic Hub and Services yang merupakan kerja sama antara Pos Indonesia dengan PT Bina Karya Persero di Ibu Kota Nusantara,” kata Jokowi saat berpidato dalam agenda Groundbreaking Nusantara Logistic Hub Pos Indonesia yang diikuti dalam jaringan (daring) Sekretariat Presiden di Jakarta , Rabu, 17 Januari 2024.

Jokowi mengatakan proyek yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur itu akan mendukung keberadaan IKN sebagai super hub melalui kehadiran jasa logistik di IKN yang kini sangat dibutuhkan.

Ia mengatakan Nusantara Logistic Hub Pos Indonesia akan berkontribusi secara signifikan memicu kekuatan rantai pasok domestik, tidak hanya di IKN tetapi juga di berbagai kawasan di Indonesia.

“Jalan kalau kita lihat padatnya kegiatan yang ada di sini dan semakin banyaknya aktivitas pergerakan orang, pergerakan barang, terutama ke IKN, dari dan ke IKN. Apalagi menjelang penyiapan beroperasinya berbagai usaha, berbagai kantor-kantor yang berada di IKN,” katanya.

Jokowi berharap Nusantara Logistic Hub and Services akan berkontribusi membuat biaya logistik semakin terjangkau, mengefisienkan pergerakan logistik di seluruh wilayah Indonesia.

Sebelumnya dalam agenda yang sama, Direktur Utama PT Pos Indonesia Faisal Rahmad Jumadi mengatakan Nusantara Logistic Hub Pos Indonesia dibangun dengan nilai investasi mencapai Rp350 miliar.

Anggaran tersebut difokuskan untuk membangun pusat logistik hijau yang didukung teknologi terbaru, antara lain robot pengiriman, mesin sortir robot canggih dan pemanfaatan operasional logistik menggunakan kendaraan listrik.

Iklan

“IKN akan menjadi super hub atau penghubung arus perdagangan dari kawasan barat dan timur Indonesia,” katanya.

Sebagai tahap awal kerja sama operasi ini, kata Rahmad Jumadi, akan melayani kebutuhan logistik milik pribadi, Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI-Polri, pegawai BUMN dan pegawai swasta yang memindahkan tugas dari dan menuju IKN.

Ia juga melakukan pengangkutan dokumen dan barang milik kementerian/lembaga, BUMN menuju Nusantara serta dokumen logistik untuk para pekerja konstruksi pembangunan Nusantara.

“Kami dengan bangga menyampaikan layanan logistik pertama yang kami kerjakan ke IKN membawa bilah gelombang Garuda dari Bandung yang akan menjadi salah satu ikon Nusantara,” katanya.

Turut mendampingi Jokowi dalam agenda tersebut, di antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, beserta pejabat daerah setempat.

Pilihan Editor: Maruar Sirait Lebih Pilih Jokowi Daripada PDIP, Berikut Deretan Harta Kekayaannya

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *