Jakarta, WK MEDIA

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur kepada kepala daerah terkait penggunaan anggaran berlebihan untuk rapat dan studi banding.

Jokowi meminta kepala daerah memprioritaskan penggunaan anggaran untuk program unggulan. Dia tidak ingin anggaran habis untuk program yang tidak jelas.

“Jangan sampai anggaran dipakai untuk rapat-rapat kebanyakan dan studi banding yang kebanyakan. Sudahlah, itu masa lalu. Ini masa depan jangan sampai itu terjadi lagi,” kata Jokowi dalam Musrenbangnas di Jakarta Convention Center, Jakarta, Senin (6/5).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Jokowi mengingatkan dunia sedang menghadapi situasi perekonomian yang berat. Sejumlah negara mengalami resesi.

Dia menjelaskan kondisi Indonesia mungkin tak seburuk negara lain. Namun, ia tak mau anggaran yang ada justru dihambur-hamburkan.

“Jangan sampai ada uang serupiah pun meleset dari rencana yang kita buat. Perhatikan betul-betul skala prioritas,” ucap Jokowi.

Dia juga mengingatkan para kepala daerah untuk menggunakan anggaran sesuai program pemerintah pusat. Jokowi mengatakan program pemerintah daerah harus sejalan dengan pusat pembangunan.

“Membangun pelabuhan, pelabuhan dibangun ke Kemenhub, tetapi jalan mestinya di daerah. Jalan ke pelabuhannya, meski pendek cuma sekilo-lima kilometer, tidak dijalankan. Ini yang namanya tidak sinkron, tidak seirama,” ujar Jokowi.

[Gambas:Video CNN]

(dhf/pta)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *