• Oktober 19, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

KA Bandara YIA. Foto: Tugu Jogja
KA Bandara YIA. Foto: Tugu Jogja

Kereta Api Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) telah beroperasi kembali setelah adanya gangguan imbas anjloknya KA Argo Semeru dan Argo Wilis di jalur Sentolo, Wates , Kulon Progo pada Selasa (17/10/2023), kemarin.

Kendati begitu, Humas KAI Bandara Diah Suryandari mengatakan lintas Sentolo-Wates itu baru bisa dilalui dengan kecepatan KA terbatas. Pasalnya, pihak KAI masih melakukan perbaikan di titik anjlokan yang terjadi kemarin.

"Upaya normalisasi jalur dan perjalanan KA di petak Sentolo-Wates telah dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 6 Yogyakarta, dan KAI Bandara mulai membuka penjualan tiket serta menjalankan perjalanan KA Bandara YIA," kata Humas KAI Bandara Diah Suryandari dalam keteragan yang dibagikan, Rabu (18/10/2023).

Diah menyampaikan permintaan maaf atas adanya gangguan operasional Stasiun Sentolo-Wates yang membuat PT Railink (KA Bandara) harus mengambil kebijakan pembatalan terhadap seluruh perjalanan KA Bandara YIA.

Pembatalan perjalanan ini dilakukan guna menjaga keselamatan dan keamanan perjalanan kereta. Atas adanya kendala itu, Diah menyebut para penumpang bisa mengajukan pengembalian dana atau refund.

PT KAI akan memberikan kompensasi pengembalian bea full 100 persen sesuai harga tiket yang dibeli oleh para penumpang.

"Bagi penumpang KA Bandara YIA yang bermaksud membatalkan perjalanannya di stasiun keberangkatan, di tengah perjalanan, atau yang mengalami penundaan hingga pembatalan keberangkatan KA Bandara, dapat mengajukan pengembalian bea (refund) sebesar 100 persen," jelasnya.

Terkait proses pembatalan tiket itu sendiri dapat dilaksanakan maksimal H+7 dari tanggal yang tertera di tiket.

"Sedangkan untuk proses pengembalian biaya akan memakan waktu maksimal 30 hari kerja dari tanggal pengajuan," pungkasnya.

Sebelumnya, KAI menyetop sementara operasional kereta api bandara YIA imbas insiden anjloknya KA Argo Semeru yang kemudian terserempet KA Argo Wilis. Pembatalan perjalanan sementara KAI Bandara YIA itu berlaku di seluruh jadwal perjalanan hingga jalur pada lintas di Sentolo Kulon Progo itu dapat dilalui kembali.

(M Wulan)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *