• Maret 11, 2024
  • ardwk
  • 0


Jakarta, WK MEDIA

Bantuan langsung tunai (BLT) Rp600 ribu pasti akan cair sebelumnya Lebaran 2024.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah tengah merampungkan penerima data.

“(BLT Rp600 ribu) Ya mungkin sebelum lebaran lah. Jadi tunggu sidang isbat (penetapan 1 Ramadhan) dulu,” ujarnya di Kemenko Perekonomian, Jumat (8/3).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

BLT Rp600 ribu diberikan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Besarannya Rp200 ribu per bulan untuk periode Januari hingga Maret 2024. Namun, dikucurkan sekaligus Rp600 ribu.

Semula, BLT ini rencananya akan dicairkan awal Februari alias jelang Pemilu 2024. Namun, Airlangga mengungkapkan penyalurannya diundur karena koordinasi belum final dengan kementerian terkait.

“Penyaluran kita disayangi (secepatnya) kan sekarang masih memerlukan penganggaran di Kementerian Sosial dan kemudian berkontrak dengan PT Pos karena penyaluran melalui PT Pos dengan biaya lebih murah daripada melalui Himbara,” pungkas Airlangga sebelumnya.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata menegaskan BLT yang diberikan untuk periode Januari 2024 hingga Maret 2024 diambil dari cadangan belanja bansos. Isa menegaskan pos ini memang sudah disediakan setiap tahunnya.

Namun, ia belum bisa memastikan apakah pemberian bantuan berupa uang tunai itu akan diperpanjang setelah Maret 2024 atau tidak.

“BLT sejauh ini sudah pecah adalah untuk 3 bulan pertama (Januari 2024-Maret 2024), setelah itu bisa dilakukan reviu lagi. BLT anggarannya akan mencapai Rp11,3 triliun,” jelas Isa dalam Konferensi Pers APBN KiTA secara virtual, Kamis (22/ 2).

[Gambas:Video CNN]

(fby/agt)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *