• Oktober 25, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri memberi keterangan pers. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri memberi keterangan pers. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

Ketua KPK Firli Bahuri menjadi salah satu pihak yang diperiksa Polda Metro Jaya terkait dugaan pemerasan Syahrul Yasin Limpo. Pemeriksaan dilakukan di Bareskrim Mabes Polri pada Selasa kemarin.

Hal ini yang kemudian menjadi sorotan. Sebab, kasus ini ditangani oleh Polda Metro Jaya. Sementara pemeriksaan dilakukan di Bareskrim Mabes Polri.

Permintaan diperiksa di Bareskrim tersebut diungkapkan Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak sehari sebelum pemeriksaan. Menurut Ade, penyidik menerima surat permintaan agar pemeriksaan dilakukan di Bareskrim. Pimpinan KPK disebut sebagai pihak pengirim surat.

Selama 7 jam, Firli Bahuri diperiksa pada Selasa kemarin. Namun, keberadaannya saat tiba dan pulang tidak diketahui. Wartawan tidak berhasil mewawancarainya.

Tidak ada penjelasan dari Firli Bahuri soal permintaan pemeriksaan di Bareskrim tersebut. Sementara juru bicara KPK Ali Fikri balik mengutip pernyataan Kombes Ade Safri bahwa pemeriksaan Firli dilakukan tim penyidik gabungan Mabes Polri dan Polda Metro Jaya.

Dia juga menambahkan, bahwa Kapolri sudah menyampaikan bahwa penyidikan perkara tersebut di bawah asistensi Mabes Polri.

"Sehingga tentu tepat bila pemeriksaan Bapak Firli Bahuri sebagai saksi dalam perkara dimaksud dilakukan di Mabes Polri," kata Ali saat dikonfirmasi, Rabu (25/10).

"Adapun terkait pendampingan tim biro Hukum KPK, ini karena sesuai mekanisme, semua insan KPK yang diperiksa sebagai saksi dalam perkara mana pun selalu didampingi tim biro hukum KPK," tambah Ali.

Pada pemeriksaan kemarin, Firli Bahuri dikonfirmasi salah satunya terkait foto dirinya bersama SYL di sebuah GOR bulu tangkis. Dan dia mengaku foto yang beredar tersebut.

"[Firli] membenarkan [pertemuan dengan SYL]. [Pengakuannya bertemu] sekitar bulan Maret 2022," kata Kombes Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Selasa (24/10).

Isu kedekatan sekaligus pemerasan Firli Bahuri terhadap SYL ini merupakan sisi di balik dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan) yang ditangani KPK. Ada tiga tersangka dalam kasus korupsi tersebut, salah satunya SYL yang sudah jadi tahanan KPK.

Meski sudah ditahan dan terungkap, penanganan kasus ini tetap menuai sorotan. Diduga ada pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK terhadap SYL agar kasus disetop.

Secara beriringan, dugaan pemerasan SYL ini juga tengah ditangani Polda Metro Jaya. Kasusnya pun sudah dinyatakan naik tahap penyidikan, meski belum ada yang ditetapkan tersangka.

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *