• Oktober 19, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi penyaluran air bersih Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Ilustrasi penyaluran air bersih Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Musim kemarau menyebabkan kekeringan di empat kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Di Kabupaten Gunungkidul kekeringan melanda 56 kalurahan di 15 kapanewon. Sementara di Kabupaten Bantul kekeringan melanda 14 kalurahan di 8 kapanewon.

"Ada 5 kalurahan dari 4 kapanewon di Sleman dan 17 kalurahan dari 7 kapanewon di Kulon Progo," kata Kepala Bidang Penanganan Darurat, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan BPBD DIY Lilik Andi Aryanto di kantornya, Kamis (19/10).

Lilik mengatakan 4 kabupaten ini juga telah berstatus siaga darurat kekeringan. Penanganan kekeringan ini salah satunya adalah dropping air bersih.

"Sudah dilaksanakan distribusi air bersih kami melalui Dinsos, BPBD kabupaten, juga melalui kapanewon dan dari Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak dan Balai Prasarana Wilayah Yogyakarta serta beberapa lembaga termasuk PMI dan pihak swasta," katanya.

Kepala Bidang Penanganan Darurat, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan BPBD DIY Lilik Andi Aryanto di kantornya, Kamis (19/10/2023).  Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Kepala Bidang Penanganan Darurat, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan BPBD DIY Lilik Andi Aryanto di kantornya, Kamis (19/10/2023). Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan

Di Gunungkidul sebagai wilayah terparah kekeringan telah disalurkan air bersih sebanyak 19.190.000 liter. Lalu di Bantul sebanyak 3.475.000 liter.

Kemudian Kabupaten Kulon Progo disalurkan 1.710.000 liter air bersih dan di Kabupaten Sleman 1.011.0000 liter.

"Total distribusi air bersih di DIY dari berbagai pihak 25.386.000 liter," katanya.

Penanganan lainnya adalah dengan pembuatan 23 titik sumur bor yang dilakukan oleh Dinas PUPESDM DIY yang tersebar di Kulon Progo, Gunungkidul, dan Sleman. Pemeliharaan embung juga dilakukan total ada 25 embung yang tersebar di 4 kabupaten dan 1 kota.

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *