WK MEDIA STORE

Kemendikbudristek Tetapkan 3 Warisan Budaya Tak Benda Khas Sulbar – WK MEDIA

WK MEDIA –

Kadis Dikbud Sulbar, Mitthar, saat menerima Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda dari Kemendikbudristek RI. Foto: Istimewa
Kadis Dikbud Sulbar, Mitthar, saat menerima Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda dari Kemendikbudristek RI. Foto: Istimewa

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan sertifikat pengakuan Warisan Budaya Tak Benda terhadap tiga kesenian tradisional asal Sulawesi Barat (Sulbar).

Tiga kesenian khas Sulbar itu yakni Tari Pallake, tari Pattu'du, dan Mapppande Sasi.

Sertifikat itu diterima langsung Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat, Mitthar, di Taman Fatahillah Kawasan Kota Tua Jakarta pada Rabu (25/10) malam.

Menurut Mitthar, penetapan ketiga kesenian tradisional Sulbar sebagai warisan budaya tak benda melalui proses panjang.

Awalnya diusulkan pemerintah kabupaten melalui fasilitas dan verifikasi Disdikbud Provinsi Sulbar dan dilanjutkan sidang penetapan oleh tim ahli Kemendikbudristek.

"Tim Dikbud Sulbar berhasil meyakinkan tim ahli, bahwa warisan budaya tersebut adalah warisan budaya tak benda Indonesia dari Provinsi Sulawesi Barat," kata Mitthar.

Dia menambahkan, Disdikbud Provinsi Sulbar akan terus menggali dan mengekspose warisan budaya yang bisa menjadi investasi daerah dalam mengembangkan dan melestarikan kebudayaan-kebudayaan tradisional.

"Alhamdulillah sejak tahun 2019 hingga tahun 2023 ini berhasil mendapatkan apresiasi sebagai pengakuan budaya," pungkasnya.

]

Sumber

Exit mobile version