• Oktober 27, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Stasiun-stasiun LRT Jabodebek. Foto: Dok. PT KAI
Stasiun-stasiun LRT Jabodebek. Foto: Dok. PT KAI

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengkaji diskon tarif LRT Jabodebek di hari kerja. Adapun saat ini diskon tarif hanya berlaku di akhir pekan dan libur nasional, yakni minimal Rp 3.000 dan maksimal Rp 10.000.

Para penumpang LRT Jabodebek sebelumnya mengeluhkan gangguan kereta yang kerap terjadi hingga waktu tunggu atau headway kereta yang menjadi 1 jam, dari sebelumnya hanya 15 menit. Mereka pun meminta LRT Jabodebek untuk menerapkan diskon tarif.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, usulan diskon tarif di hari kerja harus dikaji lebih dulu. Sebab sebelumnya, untuk memberikan diskon tarif di akhir pekan pun melalui kajian.

"Harus dikaji dulu terkait hal tersebut," kata Adita kepada kumparan, Jumat (27/10).

https://www.instagram.com/p/Cy5Bg9fN9fD

Manager Public Relations Kuswardoyo mengatakan, waktu tunggu yang lebih lama karena saat ini LRT Jabodebek hanya menjalankan 9 rangkaian kereta atau trainset untuk melayani 131 perjalanan. Sementara 18 trainset lainnya harus diistirahatkan untuk perawatan pembubutan roda karena aus dan 2 trainset dalam proses perawatan untuk integrasi sistem persinyalan.

Padahal normalnya, LRT Jabodebek memiliki 16 trainset dengan 234 perjalanan setiap harinya. Imbas perawatan roda tersebut, maka sebanyak 103 perjalanan LRT Jabodebek dibatalkan untuk sementara waktu.

"Kami saat ini menjalankan sebanyak 9 trainset, sehingga kami mengatur perjalanan dengan mengurangi frekuensi pada non peak hours di antara jam 10.00-15.00 WIB, keberangkatannya menjadi sekitar 1 jam," ujar Kuswardoyo kepada kumparan.

Meski demikian, Kuswardoyo memastikan transportasi umum yang baru diresmikan 28 Agustus 2023 itu memperpanjang keberangkatan terakhir menjadi pukul 20.12 WIB. "Dan kami perpanjang keberangkatan terakhir menjadi jam 20.12 WIB," jelasnya.


]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *