• April 19, 2024
  • ardwk
  • 0


Jakarta, WK MEDIA

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) buka suara soal pemanggilan yang dilakukan KPPU terhadap 7 maskapai; termasuk Garuda Indonesia terkait permainan harga tiket pesawat.

“Kami sudah kooperatif dengan KPPU. Data yang diminta juga sudah diberikan,” kata Juru Bicara Menteri Perhubungan Adita Irawati usai Penutupan Posko Angkutan Lebaran 2024 di Kemenhub, Jakarta Pusat, Jumat (19/4).

“Kami melaksanakan proses dan sekarang tinggal seperti apa proses KPPU. Kami akan mengikuti,” tegasnya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Adita menegaskan Kemenhub sudah memberikan data yang dibutuhkan untuk menyelesaikan penyelidikan kartel tiket pesawat tersebut. Ia menyebut data ini dikumpulkan dari hasil inspeksi atau pemeriksaan yang sudah dilakukan Kemenhub.

Sebelumnya, KPPU memanggil 7 maskapai penerbangan terkait harga tiket pesawat jelang lebaran. Mereka yang diundang adalah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Citilink Indonesia, PT Sriwijaya Air, PT Nam Air, PT Batik Air, PT Lion Mentari, dan PT Wings Abadi.

Merujuk pada beberapa pemberitaan media terkait dengan temuan Kementerian Perhubungan tentang penjualan tiket melebihi tarif batas atas yang dilakukan oleh 3 maskapai, maka dalam waktu dekat KPPU akan menjadwalkan panggilan kepada ketujuh maskapai tersebut, ucap Ketua KPPU M. Fanshurullah Asa dalam keterangan resmi, Jumat (15/3).

Enam maskapai memenuhi panggilan tersebut. Mereka yang memenuhi panggilan dan menyampaikan dokumen yang diminta KPPU, yaitu PT Garuda Indonesia Tbk, PT Citilink Indonesia, PT Sriwijaya Air, dan PT NAM Air.

PT Lion Air dan PT Wings Air Abadi telah memenuhi panggilan, namun belum menyampaikan dokumen yang diminta KPPU.

Sedangkan PT Batik Air Indonesia tidak hadir memenuhi panggilan dan tidak menyampaikan dokumen yang diminta KPPU.

Mereka harus menunjukkan sikap kooperatif untuk memberitahukan secara tertulis setiap kebijakan yang akan berpengaruh terhadap peta persaingan usaha, serta informasi dan dokumen yang diminta agar dapat menilai apakah mereka menjalankan keputusan tersebut,” jelas Anggota KPPU Gopprera Panggabean melalui keterangan resmi, Jumat (5/4).

[Gambas:Video CNN]

(skt/agt)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *