• Oktober 27, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara, Ronald Lumbuun
Kepala Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara, Ronald Lumbuun

MANADO – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sulawesi Utara (Sulut), Ronald Lumbuun, telah membentuk tim investigasi untuk melakukan pendalaman terkait persoalan narapidana (Napi) Lapas Kelas II A Manado yang kabur.

Tim tersebut berasal dari Divisi Administrasi, selaku Pembina kepegawaian, dan Divisi Pemasyarakatan yang bertanggung jawab secara teknis.

Selain itu, dirinya telah turun langsung ke Lapas Kelas II A Manado, untuk melakukan pengecekan kondisi terkini di lokasi tempat napi tersebut berhasil kabur.

“Saya sudah menandatangani SK tim pemeriksaan terhadap petugas Lapas di saat kejadian itu,” kata Ronald.

Dikatakan Ronald, pihaknya menunggu hasil yang diperoleh tim investigasi, di mana nanti akan dilihat seberapa berat kesalahan yang dilakukan oleh para petugas Lapas tersebut. Apalagi, alasan jika mereka ada acara sertijab sama sekali tak dibenarkan.

Sebelumnya juga menurut Ronald, dia sudah memerintahkan Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) yang lama, Edward Kaligis, untuk segera mencari dan mengembalikan napi itu ke Lapas Kelas II Manado.

Dijelaskan Ronald, Edward Kaligis diminta untuk menangkap ulang napi itu sebelum dilepas dan dilantik sebagai Kalapas Kelas III Tamako, Kepulauan Sangihe.

"Karena itu masih jadi tanggung jawab dari pak Edward. Untuk itu, saya tunda keberangkatan ke Sangihe dan mengharuskan agar napi itu dibawa pulang dulu, baru bisa dia bertugas di tempat lain," ujar Ronald.

"Yang pasti para petugas lapas yang bertugas saat kejadian akan mendapatkan sanksi. Berapa besar sanksinya, itu tergantung dari hasil tim investigasi," katanya kembali.

febry kodongan

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *