• Oktober 31, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Indri indri alias babakoto, lemur terbesar asli Madagaskar.  Foto: Shutterstock
Indri indri alias babakoto, lemur terbesar asli Madagaskar. Foto: Shutterstock

Madagaskar terkenal dengan ekosistemnya yang unik. Banyak hewan yang hidup di sana tidak bisa ditemukan di tempat lain, salah satunya adalah Indri atau penduduk setempat menyebutnya babakoto, yakni spesies lemur dengan bibir merah merona yang bisa bernyanyi pakai irama.

Bagi kita, suara indri yang memekik dan riuh-rendah mungkin tidak terdengar seperti sebuah nyanyian, tapi faktanya mereka memiliki suara paling berirama jika dibandingkan dengan lemur lainnya.

“Setiap disiplin ilmu punya konsep keindahannya masing-masing, tapi menurut saya vokalisasi indri indah,” ujar Andrea Ravignani, ahli biologi kognitif di Max Planck Institute di Belanda sebagaimana dikutip New York Times.

Diterbitkan di Current Biology, hasil penelitian Ravignani mengungkapkan bahwa meski nenek moyang terakhir antara manusia dan indri hidup lebih dari 77 juta tahun lalu, tapi soal urusan nyanyi manusia dan indri memiliki kemiripan, terutama soal ritme.

Jadi analisis para peneliti menunjukkan lemur indri mengikuti serangkaian pola yang dikenal sebagai ritme kategoris. Mereka memiliki dua tipe–1:1 dan 1:2– yang juga umum dalam nyanyian yang dilantunkan manusia. Yang pertama, temponya mengikuti metronom; jeda antara setiap nada memiliki durasi yang sama.

Irama 1:2 punya beberapa interval yang dua kali lebih lama dari ritme lainnya, seperti hentakan-hentakan tepuk tangan pada pembukaan lagu Queen berjudul “We Will Rock You”.

@catchyclipshq

Lemur or indris or indri indri or babakoto or babakotia is native to the island ? of Madagascar ??. They are sociable animals that live in family of 2 to 6. The indri is classified as Critically Endangered by the International Union for Conservation of Nature (IUCN, 2018), appearing on the IUCN Red List of Threatened Species. Though a solid estimate cannot be made at this time, their population is in certain decline. This species appears in the latest Primates in Peril iteration as one of the 25 most endangered primates in the world. About 90% of Madagascar’s wildlife which is found nowhere else in the world and it is threatened by habitat loss with indris among them. #fyp #fypシ #fypシ゚viral #fypage #fypageシ #foryou #foryoupage #foryourpage #indris #babakoto #babakotia #lemur #animals #fur #lookatthis #madagascar #island #animallover #animallovers #africa #nature #brinkofextinction #islandofmadagascar #extinction #native #catchyclipshq #catchyclipsheadquarters #cchq

♬ original sound – Catchy Clips HeadQuarters

“Saat Anda mendengarkan sebuah karya musik dan menari mengikuti iramanya, pada dasarnya Anda memproses aliran suara yang sangat kompleks ini, mengekstraksi beberapa keteraturan darinya, dan kemudian memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya,” kata Ravignani.

"Jika indri memiliki semacam metronom di kepalanya yang berbunyi 'tac, tac, tac,' maka kemungkinan besar mereka akan menghasilkan apa yang kita lihat. Ini sangat mirip dengan musik manusia, sungguh menakjubkan."

Temuan ini menunjukkan bahwa manusia dan indri adalah satu-satunya spesies mamalia yang diketahui memiliki ritme.

Jika dilihat sekilas, indri tampak seperti hewan hasil kawin silang antara kucing dan koala. Mereka memiliki warna bulu hitam-putih tebal. Indri adalah lemur terbesar yang masih hidup dan saat ini termasuk ke dalam hewan terancam punah dalam daftar merah IUCN.

Suaranya babakoto yang keras dan lantang bisa terdengar hingga 4 kilometer di tengah hutan hujan belantara. Indri adalah hewan monogami. Seekor induk bisa melahirkan hingga tiga anak sepanjang hidupnya. Seekor babakoto jantan dewasa akan mencapai kematangan seksual saat berusia 7 hingga 9 tahun, sementara betina 2 – 3 tahun.

Indri indri alias babakoto, lemur terbesar asli Madagaskar.  Foto: Shutterstock
Indri indri alias babakoto, lemur terbesar asli Madagaskar. Foto: Shutterstock

Anak indri yang baru dilahirkan akan digendong di dada induknya, berpindah ke punggung saat si anak berusia 5 bulan dan akan menempel di sana hingga usia 8 bulan. Setelah tidak lagi menempel dengan induknya, anak babakoto bisa bergerak bebas, namun tetap dirawat si induk hingga usia 2 tahun.

Babakoto adalah pemanjat ujung, mereka bisa pindah satu pohon ke pohon lain dengan cepat. Lemur indri menghabiskan sebagian besar waktunya dengan berdiam diri di atas dahan pohon.

Seekor indri dewasa bisa tumbuh mencapai 1,2 meter dari ujung kepala hingga ujung kaki, beratnya sekitar 9,5 kilogram.

Mereka adalah hewan herbivora, biasanya makan daun-daunan, buah-buahan dan bunga. Seperti lemur pada umumnya, dalam kehidupan sosial indri menganut sistem matriarkal di mana jantan menjadi pemimpinnya.

Para ahli memperkirakan, di alam liar tersisa sekitar 1.000 hingga 10.000 ekor individu babakoto, dan populasinya semakin terancam akibat perburuan dan kerusakan habitat. Penangkaran


]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *