• Oktober 22, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Pelantikan PPNS dan Notaris di Sulawesi Utara yang digelar oleh Kemenkumham Sulut.
Pelantikan PPNS dan Notaris di Sulawesi Utara yang digelar oleh Kemenkumham Sulut.

MANADO – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Utara (Sulut), Ronald Lumbuun, secara resmi melantik dan mengambil sumpah dua orang Pejabat Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dan 29 orang Notaris.

Pelantikan ini merupakan langkah awal dan legalitas mereka dalam menjalankan tugas jabatan dan awal pengabdian sebagai pejabat umum yang memberikan pelayanan hukum bagi masyarakat.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulut, Ronald Lumbuun, meminta agar para notaris baru yang dilantik, tidak bertindak serampangan atau gegabah, sehingga mengakibatkan terjadinya persoalan hukum ke depannya.

"Karena ini notaris baru, sebelum menerbitkan suatu akta, konsultasi terlebih dahulu dengan senior dan pengurus wilayah. Jangan sampai terdapat kesalahan ketika akta terbit," kata Ronald selepas melantik mereka.

Ronald juga mengingatkan tentang penerapan PMPJ (Prinsip Mengenali Pengguna Jasa), di mana menurutnya hal itu akan melindungi para notaris dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, kepada PPNS yang dilantik, Ronald berharap mereka mampu bekerja sesuai dengan aturan yang ada. Menurutnya, jangan ada yang tak mengacu pada aturan sehingga menyebabkan salah tafsir.

"Setiap PPNS dalam melakukan penyidikan harus mengacu pada ketentuan UU Nomor 8 Tahun 1981 dan Peraturan Kapolri Nomor 6 Tahun 2010, serta mengambil peran dengan baik dalam upaya penegakan hukum yang berkeadilan sesuai kewenangan yang diberikan," ujar Ronald.

Di akhir sambutan, Ronald tak lupa untuk mengucapkan selamat kepada Notaris dan PPNS yang baru dilantik.

febry kodongan

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *