Jakarta, WK MEDIA

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung berkomitmen pada tahun 2024, seluruh desa/kelurahannya menjadi teladan ramah perempuan dan peduli anak.

Fasilitas pusat panggilan pengaduan pun disiapkan untuk peristiwa tindak kekerasan dan perundungan terhadap perempuan maupun anak.

“Kami sudah menerapkan program ini di beberapa desa/kelurahan menjadi desa/kelurahan yang ramah perempuan dan peduli anak. Ini adalah motivasi bagaimana kami bisa memperhatikan dan memberikan keleluasaan kesetaraan gender pada kaum perempuan, begitu juga perlindungan pada anak,” kata Bupati Badung Nyoman Giri Prasta.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Pihaknya juga sudah memberikan fasilitas umum yang ramah anak, seperti ruang anak di kantor desa begitu juga di ruang hijau kabupaten dan ruang hijau desa.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengungkapkan program desa/kelurahan ramah anak dan peduli anak merupakan konsep yang dibuat Kementerian PPPA.

Urusan pemberdayaan perempuan dan penyediaan hak anak serta perlindungan anak adalah gerakan bersama yang membutuhkan sinergi kolaborasi semua lintas pemangku kepentingan yang ada, baik pemerintah pusat sampai pemerintah daerah.

Upaya tersebut juga memerlukan dukungan dunia usaha, sejarawan, kemudian lembaga masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, termasuk peran media, penting dalam mendidik hak dan perlindungan kepada perempuan dan anak di Indonesia.

Profil Kabupaten Badung, Bali

Kabupaten Badung, Bali, menjadi salah satu kandidat pemenang di ajang Penghargaan WK MEDIA kedua yang akan digelar WK MEDIA pada Senin, 13 Mei 2024 di The Stones Hotel, Legian, Bali.

Sebelumnya WK MEDIA Awards pertama kali digelar WK MEDIA pada 21 Maret 2024 di Kota Makassar.

Kabupaten Badung adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Bali, meliputi Kuta dan Nusa Dua. Dahulu ibu kotanya berada di Denpasar, kini berada di Mangupura.

Secara administrasi, Kabupaten Badung terdiri dari enam wilayah kecamatan meliputi Kecamatan Kuta Selatan, Kuta, Kuta Utara, Mengwi, Abiansemal, dan Petang yang terbagi menjadi 62 desa/kelurahan dan 120 desa adat.

Saat ini, Kabupaten Badung dipimpin oleh seorang Bupati bernama I Nyoman Giri Prasta dan Wakil Bupati yakni I Ketut Suiasa.

Pusat pemerintahan Kabupaten Badung yang meliputi kantor bupati, kantor DPRD, kantor dinas gedung kesenian, dan perpustakaan kini terletak di Pusat Pemerintahan (Puspem) Mangupraja Mandala Kabupaten Badung, di Mangupura.

Kabupaten Badung dibagi menjadi tiga wilayah pembangunan yakni Wilayah Pembangunan Badung Utara, Badung Tengah, dan Badung Selatan.

Sektor-sektor unggulan yang dikembangkan di wilayah ini adalah pariwisata, pertanian, industri kecil, kerajinan rumah tangga.

(juh)


[Gambas:Video CNN]

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *