• Oktober 22, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi kotak suara. (foto: dok. kumparan)
Ilustrasi kotak suara. (foto: dok. kumparan)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel) telah menerima 129.925 kotak suara dan 103.940 bilik suara. Logistik untuk Pemilu 2024 itu langsung didistribusikan ke KPU kabupaten dan kota.

Katua KPU Sumsel, Amrah Muslimin, mengatakan terdapat 129.925 kotak suara akan diperuntukkan untuk tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah Sumsel. Setiap TPS akan ada 5 kotak suara.

"Lima kotak suara yang akan menampung jenis surat suara yakni Presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota," katanya.

Menurutnya, kotak suara masih menggunakan model lama berbahan karton dupleks kedap air. Alasannya karena efisien dibanding menggunakan kotak dari aluminium dan sifatnya habis pakai.

"Kotak suara sama seperti 2019, berbahan dasar karton dupleks kedap air. Dari pengalaman 2019, ternyata cukup aman untuk digunakan karena memang kotak suara ini sifatnya habis pakai," katanya.

Selain kotak suara, setiap TPS juga akan disediakan 4 bilik suara yang berjumlah 103.940 bilik. Kotak suara dan bilik itu akan dikirim langsung ke KPU kabupaten-kota.

"Dari laporan yang kami terima sudah ada beberapa KPU kabupaten/kota yang telah menerima kotak dan bilik suara tersebut," katanya.

Amrah bilang, sesuai dengan pengadaannya maka penyedia dalam kontraknya langsung mengirimkan ke gudang KPU kabupaten/kota di seluruh Sumsel.

"Kami pastikan KPU kabupaten-kota sudah memiliki masing-masing gedung yang representatif ditambah dengan fasilitas CCTV 24 jam," katanya.

Ketua KPU Palembang, Syawaludin membenarkan bahwa mereka telah menerima kotak suara. Namun, untuk bilik suara belum menerimanya.

"Sudah sampai jumlah kotak suara yang sampai 23.921 kotak dari jumlah TPS 4.777. Sementara bilik suara belum, masih menunggu," katanya.

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *