• Oktober 25, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 71 Kurikulum Merdeka. Sumber: Unsplash/Eliott Reyna
Ilustrasi Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 71 Kurikulum Merdeka. Sumber: Unsplash/Eliott Reyna

Siswa bisa menggunakan kunci jawaban IPA kelas 8 halaman 71 Kurikulum Merdeka untuk memeriksa jawaban soal. Namun, siswa diharapkan untuk mengerjakan soal secara mandiri sebelum melihat kunci jawaban.

Jika rajin belajar dengan mengerjakan soal, siswa akan bisa menguasai materi pelajaran. Dengan begitu, siswa akan mendapatkan nilai yang memuaskan.

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 71 Kurikulum Merdeka

Ilustrasi Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 71 Kurikulum Merdeka. Sumber: Unsplash/Annie Spratt
Ilustrasi Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 71 Kurikulum Merdeka. Sumber: Unsplash/Annie Spratt

Pada halaman 71, siswa diberikan beberapa soal tentang rokok. Mengutip dari Edukasi Bahaya Merokok bagi Kesehatan Reproduksi pada Remaja, Herawati (2021:6), merokok merupakan kegiatan mengisap asap hasil gulungan tembakau yang dibakar ke dalam tubuh dan mengembuskannya keluar.

Rokok tidak baik untuk kesehatan. Bahaya rokok dan dampak merokok pada kesehatan tertera pada kemasan rokok yang dijual. Meskipun bahayanya sudah disebutkan, masih banyak orang yang menjadi perokok aktif. Bahaya merokok ini juga kerap dijadikan soal dalam pelajaran.

Berikut adalah kunci jawaban IPA kelas 8 halaman 71 Kurikulum Merdeka.

Ayo Prediksi

Aktivitas 2.10

Ayo kita prediksi!

Semakin banyak rokok yang dihisap oleh seorang perokok, semakin banyak kandungan karbon monoksida yang ada di dalam darah mereka.

Memprediksikan

  1. Gambar ulang grafik di atas dalam buku catatanmu, untuk menunjukkan berapa banyak kandungan karbon dioksida dalam darah seorang perokok jika ia mengkonsumsi 3 pak, 4 pak dan 5 pak per harinya, berikan alasan dari grafik yang kalian gambar!

  2. Pada grafik tersebut, terlihat seseorang yang tidak merokok, namun memiliki kandungan karbon monoksida di dalam darahnya. Kira-kira apa penyebabnya? Berikan alasanmu!

Kunci Jawaban

  1. Jika seorang perokok mengonsumsi 3 pak, maka data ada pada angka 60 di Y-axis (karbon monoksida dalam darah ppm). Sedangkan, konsumsi 4 pak ada pada angka 80. Adapun orang yang mengonsumsi 5 pak rokok ada di angka 100.

    Pada grafik terlihat tren orang yang merokok 1 pak dan 2 pak memiliki perbedaan 20 ppm.

  2. Seseorang yang tidak merokok bisa saja merupakan perokok pasif. Perokok pasif adalah orang yang menghirup udara yang mengandung asap rokok. Karbon dioksida yang ada di atmosfer adalah sekitar 1-10 ppm.

Baca juga: Latihan Soal dan Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 76

Gunakan kunci jawaban IPA kelas 8 halaman 71 Kurikulum Merdeka dengan bijak. Selamat belajar dan semoga sukses! (KRIS)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *