• Oktober 22, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 160, sumber: unsplash/PublikasiSMKN1Cibadak
Kunci jawaban Matematika kelas 9 halaman 160 dan 161 adalah informasi yang banyak dicari oleh siswa. Kunci jawaban tersebut membahas soal pada Bab 3 Transformasi. Siswa diminta untuk menjawab soal esai Matematika tentang pergeseran atau translasi dengan tepat.

Sebelum menggunakan kunci jawaban, siswa perlu mengerjakan dengan kemampuannya sendiri. Tujuannya untuk mengasah kemampuan berpikir dan memecahkan soal-soal matematika Bab Transformasi.

Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 160 – 161

Ilustrasi Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 160, sumber: unsplash/JoshuaHoehne

Mengutip buku 1700 Plus Bank Soal Matematika Wajib SMA/MA-SMK/MAK, Cucun & Etsa (2022: 233), translasi atau pergesaran merupakan pemindahan titik yang arah dan panjangnya sama dan bisa diwakili oleh segmen garis berarah.

Adapun kunci jawaban Matematika kelas 9 halaman 160 – 161, yakni sebagai berikut.

1. Tentukan apakah gambar yang berwarna biru merupakan hasil pergeseran dari gambar yang berwarna merah. Berikan penjelasanmu.

2. Gambar dan tentukan koordinat hasil translasi dari bangun datar di bawah ini

A. Translasikan segi empat merah sejauh 2 satuan ke kiri dan 5 satuan ke bawah

B. Translasikan segitiga merah sejauh 3 satuan ke kanan dan 4 satuan ke bawah.

3. Segitiga FGH ditranslasi sehingga menghasilkan bayangan ΔPQR. Diketahui koordinat F (3, 9), G (–1, 4), P (4, 2), dan R (6, –3), tentukan koordinat H dan Q. Tentukan pula translasinya.

4. Segitiga WAN berkoordinat di W (0, 1), A (1, –2) dan N (–2, 1). Gambarlah segitiga tersebut beserta bayangannya setelah translasi:

5. Jelaskan translasi yang menggerakkan bangun datar yang berwarna biru menjadi bangun datar yang berwarna merah.

6. Diketahui Segitiga OPQ berkoordinat di O (2, 5), P (–3, 4), dan Q (4, –2) ditranslasikan sehingga didapatkan koordinat bayangannya adalah O’ di (3, 1). Tentukan pasangan bilangan translasinya dan koordinat titik P’ dan Q’.

7. Seekor harimau sedang berburu rusa di dalam hutan. Berdasarkan hasil pemantauan diketahui bahwa koordinat rusa berada di titik A dan koordinat harimau berada pada titik B. Rusa tersebut kemudian bergerak menuju titik C.

Kunci jawaban Matematika kelas 9 halaman 160 – 161 yang dijelaskan di atas bisa dijadikan acuan dalam mengerjakan tugas. Dengan begitu, siswa akan lebih memahami cara penyelesaian soal tentang pergeseran atau translasi. (DLA)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *