• Oktober 21, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Tuliskan lirik lagu Gundul Pacul. Sumber: pexels.com
Sebagai negara yang kaya akan budaya, Indonesia memiliki berbagai lagu daerah yang hingga kini masih dilestarikan. Salah satu yang paling populer adalah lagu Gundul Pacul dari Jawa Tengah. Sayangnya, siswa kerap bingung saat diminta untuk tuliskan lirik lagu Gundul Pacul.

Hal ini mungkin disebabkan karena Gundul Pacul ditulis menggunakan bahasa daerah, yakni bahasa Jawa. Jadi, siswa kesulitan dalam menuliskan lirik lagu tersebut melalui bahasa tulisan. Oleh karena itulah, tak jarang siswa akan mencari informasi lirik lagu dan makna dari lagu tersebut.

Lirik Lagu Gundul Pacul dan Maknanya

Tuliskan lirik lagu Gundul Pacul. Sumber: pexels.com
Mengutip dari buku Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk SD/MI Kelas V, Murwani Dewi Wijayanti dan Armi (2023:20), berikut ini adalah lirik lagu Gundul Pacul dalam bahasa Jawa.

Sedangkan terjemahan dari lagu di atas adalah sebagai berikut.

Secara umum, lirik lagu Gundul Pacul ini mengingatkan setiap manusia agar tetap bersahaja dan tidak sombong, besar kepala, atau congkak. Selain itu, lagu ini juga bisa menjadi pengingat bagi para pemimpin dari tingkat terendah hingga tertinggi agar selalu rendah hati dan tidak semena-mena.

Arti tersebut mengacu pada kata gundul yang berarti kepala atau bisa juga dipahami sebagai tokoh dan pemimpin.

Sedangkan dalam falsafah hidup masyarakat Jawa, semua orang akan menanggung perbuatan buruknya sendiri. Hal ini tercermin dari lirik terakhir, di mana orang yang sombong akan jatuh terguling atau mengalami kehancuran atas segala perbuatan yang pernah dilakukannya.

Hingga kini lagu Gundul Pacul masih eksis dalam kehidupan masyarakat Jawa sebagai lagu permainan anak-anak. Oleh karena itu, sudah sepantasnya para generasi muda untuk tetap melestarikan kesenian lagu daerah agar tidak punah tergerus zaman. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, ya. (Anne)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *