Jakarta, WK MEDIA

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Eximbank menyiapkan pasar bernama Komodoin untuk mendukung usaha kecil menengah (UKM) tembus pasar ekspor.

Marketplace itu dirancang khusus sebagai sarana edukasi ekspor, layanan informasi, inkubasi, peningkatan kapasitas, dan tempat bertemunya penjual dan pembeli (business match).

Direktur Eksekutif LPEI Riyani Tirtoso menuturkan kemudahan dan ketersediaan layanan yang lengkap pada marketplace diharapkan dapat mendorong pelaku usaha yang berorientasi ekspor untuk berani mendunia.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Komodoin mulai diperkenalkan ke ekosistem ekspor Indonesia pada Forum Berani Mendunia tanggal 1 Juni 2024 lalu. Marketplace ini hadir untuk mempersatukan anak-anak bangsa dalam meningkatkan kemampuan pelaku usaha yang berorientasi ekspor.

“Komodoin akan menjadi penyedia layanan end-to-end milik lembaga pemerintah – LPEI yang saat ini diprioritaskan untuk meningkatkan volume transaksi dan jumlah pelaku UKM Indonesia berorientasi ekspor,” ungkap Riyani melalui keterangan resmi, Kamis (6/6).

Komodoin, kata dia, ditargetkan mulai dapat diakses kepada publik pada Agustus 2024 mendatang dengan empat layanan, yaitu edukasi, kurasi, inkubasi, hingga transaksi untuk ekspor.

Riyani berharap Komodoin dapat membantu eksportir untuk bisa lebih cepat dan akurat dalam mengakses pasar dunia tanpa batas (cross border).

Riyani menyebut Komodoin akan berkolaborasi dengan berbagai mitra dari Kementerian terkait, perbankan, komunitas UKM ekspor, agregator pembeli di luar negeri, Diaspora, Kedutaan Besar Indonesia di luar negeri, Indonesia Trade Promotion Center (ITPC), dan Atase Perdagangan.

(mrh/agt)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *