• Oktober 28, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kanan) berbincang dengan sejumlah wartawan saat naik LRT Jabodebek di Jakarta, Kamis (3/8/2023). Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kanan) berbincang dengan sejumlah wartawan saat naik LRT Jabodebek di Jakarta, Kamis (3/8/2023). Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO

Menteri BUMN Erick Thohir menanggapi soal seringnya gangguan yang dialami LRT Jabodebek tak lama setelah diresmikan. Erick menyamakan produk buatan anak Bangsa itu dengan penemu pesawat, Wright Brothers, yang mengalami banyak kendala di balik proses penemuan sebuah pesawat terbang.

"Kalau kita ingat dulu Wright Brothers di Amerika itu menciptakan pesawat terbang juga enggak langsung terbang, ada jatuhnya, ada terbangnya, itu proses yang kita harus jalani," kata Erick saat ditemui di TMII Jakarta, Sabtu (28/10).

LRT Jabodebek diresmikan 28 Agustus 2023. Sejak Rabu (25/10), LRT Jabodebek beroperasi hanya dengan 9 trainset dan 131 perjalanan. Hal ini terpaksa dilakukan karena kondisi roda kereta yang beroperasi sebagian besar sudah memasuki masa perawatan pembubutan roda untuk menghindari kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diharapkan. Padahal normalnya, LRT Jabodebek memiliki 16 trainset dengan 234 perjalanan setiap harinya.

Total LRT Jabodebek memiliki 29 trainset. Sebanyak 18 trainset di antaranya harus diistirahatkan untuk perawatan pembubutan roda karena aus dan 2 trainset dalam proses perawatan untuk integrasi sistem persinyalan.

Meski banyak menemui kendala, Erick mengatakan Indonesia harus bangga karena mampu memproduksi trainset-nya sendiri. Meski begitu, dengan kejadian ini Kementerian BUMN mengevaluasi PT INKA selaku produsen trainset LRT Jabodebek.

https://www.instagram.com/p/Cy5Bg9fN9fD

"Kemarin kan sudah disampaikan oleh Bapak Presiden, MRT pertama bangun, kereta cepat pertama bangun, LRT apalagi buatan sendiri semua. Ya kita jangan melihat dari sisi negatifnya tapi itu sebuah proses, proses yang kita harus lakukan," tegas Erick.

Gangguan yang dialami LRT Jabodebek itu membuat waktu tunggu kereta menjadi 1 jam karena minimnya jumlah trainset yang beroperasi.

"Kami saat ini menjalankan sebanyak 9 trainset, sehingga kami mengatur perjalanan dengan mengurangi frekuensi pada non peak hours di antara jam 10.00-15.00 WIB, keberangkatannya menjadi sekitar 1 jam," ujar Manager Public Relations LRT Jabodebek, Kuswardoyo kepada kumparan, Jumat (27/10).

Warga menaiki moda transportasi Light Rail Transit (LRT) Jakarta Bogor Depok Bekasi (Jabodebek), Senin (28/8/2023) sore.
 Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Warga menaiki moda transportasi Light Rail Transit (LRT) Jakarta Bogor Depok Bekasi (Jabodebek), Senin (28/8/2023) sore.
Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Meski demikian, Kuswardoyo memastikan transportasi umum yang baru diresmikan 28 Agustus 2023 itu memperpanjang keberangkatan terakhir menjadi pukul 20.12 WIB. "Dan kami perpanjang keberangkatan terakhir menjadi jam 20.12 WIB," jelasnya.

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga memastikan pemerintah akan mengevaluasi PT INKA (Persero) buntut dari permasalahan LRT Jabodebek yang kerap alami gangguan.

"Kita harus beri kesempatan kepada produk lokal kita, ada evaluasi untuk perbaikan, kalau kita enggak seperti ini sampai kapan pun industri kita enggak bisa maju," tegasnya di kantor Kementerian BUMN, Kamis (26/10).


]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *