• Januari 16, 2024
  • ardwk
  • 0

TEMPO.CO, JakartaCalon presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan berjanji akan merealisasikan proyek Lumbung Ikan Nasional (LIN) jika terpilih menjadi Presiden RI pada Pilpres 2024. “Sudah saatnya proyek yang sebelumnya dibatalkan menjadi milik orang Maluku,” ujar Anies dalam kampanye politik di Kota Ambon, Senin, 15 Januari 2024.

Menurutnya strategi proyek Lumbung Ikan Nasional secara langsung akan berdampak pada nelayan kecil hingga pengusaha-pengusaha besar di daerah itu.

Pasalnya melalui Lumbung Ikan Nasional tersebut segala bentuk pengelolaan dan pengolahan hasil perikanan di Maluku akan melalui proses yang matang mulai dari hulu ke hilir.

“Oleh karena itu perlu perubahan. Dan jika orang Maluku menginginkan perubahan maka Anies-Muhaimin adalah solusinya,” kata dia.

Namun, dia mengatakan untuk menjalankan kebijakan itu di kemudian hari, pemerintah akan menghadapi segala macam mafia.

“Nah, mafia-mafia itu tidak mau berubah, karena mereka tidak pernah mau mendukung nomor satu,” kata dia.

Pasalnya sebelumnya proyek strategi Lumbung Ikan Nasional yang sebelumnya digagas oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Maluku dinyatakan batal.

Pembatalan proyek strategi nasional itu dibatalkan karena ditemukannya ranjau dan gunung berapi aktif di dasar laut oleh para peneliti.

Padahal banyak masyarakat Maluku yang menantikan realisasi Proyek Lumbung Ikan Nasional untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan rakyat.

Iklan

Program nasional LIN di Maluku memerlukan berbagai persiapan seperti dokumen master plan dan regulasi terkait terkait yang disiapkan Pemerintah Pusat maupun Pemprov Maluku, termasuk pembangunan infrastruktur terpadu industri perikanan di Ambon New Port.

Sayangnya Rancangan Peraturan Presiden (Perpres) tentang LIN yang telah diharmonisasi di seluruh kementerian terkait, berhenti di Kementerian Kelautan dan Perikanan.

LIN adalah proyek nasional, sehingga terkait pengelolaan sumber daya laut di lautan lepas di atas 12 mil menjadi kewenangan pemerintah pusat, dan di bawah 12 mil menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi, yang peruntukannya bagi nelayan-nelayan penangkapan ikan tradisional.

Terkait isu batal dan pengalihannya LIN ke provinsi lain, Pemerintah Pusat melalui Kantor Staf Presiden (KSP) secara tegas tidak pernah berencana memindahkan M-LIN ke daerah lain.

KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pilihan Editor: Ganjar Berharap Kasus Wadas dan Semen Rembang Dibahas di Debat Calon Presiden

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *