• Oktober 27, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Tuliskan macam-macam diferensiasi sosial, sumber: unsplash/VeligRostic
Tuliskan macam-macam diferensiasi sosial! Diferensiasi merupakan suatu penggolongan yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Bentuk diferensiasi sosial cukup beragam, mulai dari ras, suku, agama, dan lain-lain.

Memahami macam-macam diferensiasi sosial sangat penting untuk meningkatkan kesadaran bahwa masyarakat Indonesia begitu heterogen. Alhasil, setiap orang dapat saling menghargai dan menghormati perbedaan.

Macam-Macam Diferensiasi Sosial

Ilustrasi Tuliskan macam-macam diferensiasi sosial, sumber: unsplash/EliotReyna
Tuliskan macam-macam diferensiasi sosial! Mengutip buku Sosiologi Agama oleh Ridwan Lubis (2017), diferensiasi sosial merupakan pengelompokan masyarakat secara horizontal berdasarkan ciri, fungsi, maupun distribusi kelompok. Adapun macam-macamnya bisa disimak penjelasannya di bawah ini:

Ras merupakan sekelompok manusia yang mempunyai ciri-ciri fisik yang sama. Jadi, saat menjelaskan tentang karakteristik kelompok ras tertentu, maka yang disebutkan adalah ciri fisiknya. Adapun macam-macam diferensiasi ras yaitu sebagai berikut:

Diferensiasi agama merujuk pada perbedaan kepercayaan atau religiusitas yang dianut oleh masyarakat tertentu. Adapun macam-macam agama yang dianut masyarakat Indonesia yaitu Islam, Kristen Katolik, Protestan, Buddha, Hindu, dan lainnya.

3. Diferensiasi Pekerjaan

Diferensiasi pekerjaan menggambarkan adanya perbedaan pekerjaan antara satu individu dengan individu lainnya. Meskipun berbeda pekerjaan, namun semuanya bersifat setara jika dilihat dari segi kemanusiaan.

4. Diferensiasi Suku Bangsa

Diferensiasi suku bangsa adalah perbedaan suku yang sangat beragam antarkelompok masyarakat. Contoh suku bangsa yaitu Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Batak, Suku Dayak, dan masih banyak lagi.

5. Diferensiasi Jenis Kelamin

Jenis kelamin merupakan sesuatu yang dibawa manusia sejak lahir. Perbedaan antara laki-laki dan perempuan sifatnya horizontal, sehingga tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk. Keduanya sama-sama setara dan harus saling menghargai.

6. Diferensiasi Kebudayaan

Kebudayaan merupakan sesuatu yang bersifat fungsional bagi kelompok masyarakat. Oleh karena itu, sesuatu yang dinilai baik bagi kelompok tertentu belum tentu baik bagi kelompok yang lain.

Kebudayaan merupakan bentuk rekayasa sosial masyarakat yang berkaitan dengan interaksinya bersama lingkungan tempat mereka tinggal. Klasifikasi ini juga bersifat horizontal karena semuanya setara.

Soal tentang tuliskan macam-macam diferensiasi sosial kini sudah terjawab dengan tepat. Beberapa bentuk diferensiasi sosial di atas menggambarkan bahwa Indonesia merupakan Negara yang penuh dengan keanekaragaman. (DLA)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *