• Oktober 26, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) buat inovasi dompet antimaling. Foto: Dok. Unusa
Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) buat inovasi dompet antimaling. Foto: Dok. Unusa

Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) membuat sebuah inovasi. Mereka berhasil membuat dompet pintar bernama smart wallet.

Inovasi buatan Fadila Amelia Azaroh bersama timnya dari Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ekonomi Bisnis dan Teknologi Digital ini memberikan solusi canggih untuk melindungi dompet kita aksi pencurian.

“Inovasi ini untuk membantu kasus-kasus dompet hilang akibat jatuh atau dicuri,” kata Fadila seperti dikutip dari laman Unusa Kamis (26/10).

Dalam proses pembuatannya, Fadila cs juga bekerja sama dengan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk pembuatan dompetnya. Setelah itu, mereka melengkapi dompet tersebut dengan sebuah alat pelacak yang berfungsi untuk pelacakan dompet yang hilang.

Alat pelacak yang terhubung ke smartphone melalui aplikasi dan Bluetooth memungkinkan pemilik dompet untuk memantau lokasi dompet mereka dengan mudah. Fungsi GPS dan bunyi yang dihasilkan ketika tombol ditekan sangat membantu dalam pencarian dompet yang hilang.

“Kami sudah uji coba, dari Kendangsari ke Kampus Unusa itu masih terdeteksi. Dan itu jaraknya lebih dari 500 meter,” ujar Fadila.

Dompet yang dibuat oleh Fadila cs ini sama seperti dompet pada umumnya. Ukurannya 9×13,5x2cm yang di dalamnya terdapat satu tempat untuk menyimpan uang kertas, satu tempat untuk uang koin, 15 tempat kartu, dan satu tempat foto dan GPS.

Untuk proses pembuatan dompet pintar ini, Fadila mengaku membutuhkan waktu sekitar tiga bulan lamanya. Adapun proses yang paling susah untuk produk tersebut adalah pemasangan GPS.

“Semoga ini bermanfaat, bisa membantu orang-orang yang kehilangan dompet,” tutupnya.

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *