• Oktober 27, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Uraikan manfaat-manfaat citra penginderaan jauh, sumber: unsplash/JulianaKozoski
Uraikan manfaat-manfaat citra penginderaan jauh! Istilah ini merujuk pada ilmu yang bertujuan untuk mendapatkan informasi dari suatu objek, daerah, atau kejadian tertentu melalui analisis data.

Data tersebut didapatkan dengan alat bantu tertentu tanpa melalui interaksi secara dekat dengan objek yang dikaji. Citra penginderaan jauh dipelajari dalam ilmu geografi dan telah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk memudahkan aktivitas manusia.

Manfaat-Manfaat Citra Penginderaan Jauh

Ilustrasi Uraikan manfaat-manfaat citra penginderaan jauh, sumber: unsplash/DenysNevozhai
Uraikan manfaat-manfaat citra penginderaan jauh! Mengutip buku Fakta dan Konsep Geografi untuk SMA, Totok Gunawan, dkk (2007), citra penginderaan jauh menggambarkan objek di permukaan bumi yang mirip dengan kenampakan aslinya. Beberapa manfaat dari instrumen tersebut dalam ilmu geografi yakni sebagai berikut:

1. Pemantauan Perubahan Lahan

Citra penginderaan jauh bermanfaat untuk memantau perubahan lahan dari masa ke masa. Hal ini mencakup perubahan dari pemakaian lahan, urbanisasi, deforestasi, atau kerusakan lingkungan tertentu. Data ini berguna untuk mengidentifikasi dampak manusia terhadap lingkungan.

2. Pemetaan dan Penginderaan Bumi

Manfaat citra penginderaan jauh yang berikutnya untuk membuat peta yang terperinci dan akurat dari permukaan Bumi. Data tersebut membantu untuk pemetaan wilayah, pengelolaan sumber daya alam, hingga perencanaan perkotaan.

3. Analisis Iklim dan Cuaca

Citra penginderaan jauh dapat digunakan untuk memonitor kondisi cuaca dan iklim. Hal ini mencakup pemantauan awan, suhu permukaan laut, pola angin, dan lain-lain. Data ini berguna untuk memahami pergantian iklim global beserta dampaknya.

4. Pemantauan Bencana Alam

Manfaat citra penginderaan jauh yang berikutnya untuk memantau dan menganalisis bencana alam, misalnya, seperti banjir, kebakaran hutan, gempa bumi, hingga badai tropis. Informasi ini memungkinkan untuk menilai tingkat kerusakan dan rehabilitasi pasca-bencana.

5. Konservasi Alam dan Ekologi

Citra penginderaan jauh juga membantu para ilmuwan dan konservasionis untuk mengenal lebih dalam ekosistem maupun perilaku spesies. Informasi ini berguna untuk memantau populasi hewan liar, identifikasi area yang perlu dilindungi, dan pemetaan habitat alam liar.

6. Perencanaan Tata Ruang

Citra penginderaan jauh dalam perencanaan tata ruang berguna untuk mendesain kota dan Negara. Data ini memungkinkan para pemangku kepentingan untuk mengidentifikasi lokasi yang strategis untuk dikembangkan.

Penjelasan di atas telah menjawab soal tentang uraikan manfaat-manfaat citra penginderaan jauh dengan tepat. Jadi, dapat disimpulkan bahwa citra penginderaan jauh sangat berguna untuk memahami dinamika Bumi beserta lingkungannya. (DLA)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *