• Oktober 27, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Bagaimana Karakteristik Rangkaian Seri pada Rangkaian Listrik? (Sumber: Pixabay)
Dalam pembelajaran fisika, rangkaian listrik terdiri atas dua tipe rangkaian, yaitu rangkaian seri dan rangkaian paralel. Rangkaian seri dan paralel dapat dikombinasikan sehingga menjadi rangkaian kombinasi atau gabungan. Bagaimana karakteristik rangkaian seri?

Rangkaian seri merupakan sebuah rangkaian listrik yang komponennya disusun secara berurutan hanya melalui satu jalur aliran listrik. Contohnya adalah sebuah rangkaian yang memiliki dua resistor, tetapi hanya terdapat satu jalur kabel untuk mengalirkan listrik. Sementara rangkaian paralel merupakan sebuah rangkaian listrik yang komponennya disusun sejajar dengan lebih dari satu jalur listrik secara paralel.

Bagaimana Karakteristik Rangkaian Seri pada Rangkaian Listrik?

Ilustrasi Bagaimana Karakteristik Rangkaian Seri pada Rangkaian Listrik? (Sumber: Pixabay)
Rangkaian seri adalah rangkaian listrik yang terdiri dari dua buah lampu atau lebih yang disusun secara berderet atau berurutan. Dikutip dari buku Arif Cerdas untuk Sekolah Dasar Kelas 6, Christiana Umi (2020: 169), sumber tegangan pada rangkaian listrik juga dihubungkan secara berderet.

Apabila salah satu lampu diputuskan (mati), maka lampu yang lain juga akan mati pada rangkaian seri. Hal ini merupakan salah satu kerugian ketika seseorang menggunakan rangkaian seri dalam kehidupan sehari-hari. Agar lebih paham, berikut adalah karakteristik rangkaian seri pada rangkaian listrik:

Keuntungan rangkaian seri adalah hemat kabel dengan rangkaian yang sederhana, sehingga membuat rangkaian ini pun mudah. Namun, rangkaian ini dapat merugikan apabila salah satu lampu mati atau tidak terang (redup), maka lampu yang lain akan demikian. Adapun energi yang diperlukan juga boros.

Demikian penjelasan mengenai bagaimana karakteristik rangkaian seri pada rangkaian listrik. Perlu diingat, rangkaian seri tidak dapat digunakan pada rumah karena pemanfaatanya juga akan dirasakan secara paralel. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan! (CHL)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *