• Oktober 26, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Sebutkan Peranan Pancasila di Era Globalisasi! (Sumber: Pixabay)
Pancasila merupakan dasar negara yang memuat kepribadian dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Oleh karena itu, nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila harus dipahami dan diamalkan oleh setiap warga negara Indonesia. Sebutkan peranan Pancasila di era globalisasi!

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat dan membawa banyak perubahan. Adapun perubahan-perubahan tersebut dapat memengaruhi sikap dan perilaku seseorang. Pancasila sebagai dasar negara dapat menjadi ukura dan pedoman nilai dan norma untuk menrima atau menolah pengaruh globalisasi dan perkembangna IPTEK tersebut.

Sebutkan Peranan Pancasila di Era Globalisasi!

Ilustrasi Sebutkan Peranan Pancasila di Era Globalisasi! (Sumber: Pixabay)
Nilai-nilai Pancasila pada dasarnya telah dimuat dalam kehidup bangsa Indonesia yang beragam. Dikutip dari buku Mandiri Belajar Tematik SD/MI Kelas 5 Semester 2, Nidaul Janah (2021: 86), Pancasila menjadi nilai yang menunjukkan adanya perilaku dan sikap kerukuran serta kerja sama dalam masyarakat yang beragam. Berikut adalah peranan Pancasila di era globalisasi:

1. Pancasila sebagai Pedoman

Pancasila merupakan pedoman nilai dan norma untuk menerima atau menolak pengaruh globalisasi. Walaupun begitu, masyarakat tetap memerlukan sikap bijaksana, bersedia membuka diri, dan tetap waspada dalam menerima perkembangan dunia.

2. Pancasial sebagai Kepbribadian

Masyarakat Indonesia harus berani dalam menerima pengaruh globalisasi dan perkembangan IPTEN tanpa harus kehilangan kepribadian sebagai bangsa Indonesia. Misalnya, gotong royong sebagai salah satu ciri khas bangsa Indonesia yang tertuang dalam sila Pancasila ke-3 harus tetap dipertahankan karena telah mengakar kuat dalam di kehidupan masyarakat.

3. Pancasila sebagai Filtrasi

Pancasila sangat diperlukan pada masa globalisasi sebagai filtrasi (penyaringan) untuk memilih budaya yang dapat diterima dan bermanfaat bagi bangsa dan negara Indonesia. Selain itu, Pancasila juga berperan sebagai alat untuk menjaga eksistensi kepribadian bangsa Indonesia karena terdapat batasan antara negara di era globalisasi seakan tidak terlihat.

Jawaban dari pertanyaan sebutkan peranan Pancasila di era globalisasi dapat ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari. Perlu diingat, Pancasila dapat mnejadi pedoman, kepribadian, dan filtrasi di era globalisasi. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan! (CHL)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *