• Oktober 26, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi yang merupakan tiga komponen gerakan. Foto: Unsplash/sporlab
Dalam kegiatan sehari-hari, bahkan saat olahraga, gerakan menjadi hal yang biasa dilakukan. Perlu diketahui, yang merupakan tiga komponen gerakan adalah lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif.

Ketiga gerakan tersebut bagian dari gerak dasar manusia. Sehingga, gerakan tersebut menjadi aspek penting dalam keseharian dan juga memegang peran penting dalam perkembangan manusia.

Tiga Komponen Gerakan Dasar Olahraga

Ilustrasi yang merupakan tiga komponen gerakan. Foto: Unsplash/Tobias Flyckt

Jawaban dari pertanyaan yang merupakan tiga komponen gerakan adalah gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif. Berikut penjelasannya.

Menurut Yudanto dalam Implementasi Pendekatan Taktik Dalam Pembelajaran Invasion Games di Sekolah Dasar (2011), gerak lokomotor adalah gerak memindahkan tubuh manusia dari satu tempat ke tempat lain.

Gerak lokomotor juga dapat dikatakan sebagai gerakan yang penting bagi transportasi manusia. Keterampilan ini dapat menggerakan individu dalam suatu ruang atau dari tempat ke tempat lain.

Contoh dari gerak lokomotor yakni:

Gerak non-lokomotor adalah gerakan yang dilakukan di tempat. Kemampuan non-lokomotor terdiri dari menekuk dan meregang, mendorong dan menarik, mengangkat dan menurunkan, melipat dan memutar, melingkar, melambungkan dan lain-lain.

Gerakan non-lokomotor dapat dikatakan sebagai keterampilan stabilitas, yaitu gerakan yang dilakukan dengan meminimalisasi atau tanpa bergerak dari suatu tempat atau landasan.

Contoh gerakan non-lokomotor berupa:

Gerak manipulatif adalah gerak yang dikembangkan ketika anak tengah menguasai bermacam objek. Kemampuan manipulatif lebih banyak melibatkan tangan dan kaki, tetapi bagian lain dari tubuh juga dapat digunakan.

Gerakan manipulatif terbagi menjadi dua, yakni receptive dan propulsive. Receptive adalah keterampilan menerima sesuatu objek seperti menangkap, trapping, dan lain-lain. Sedangkan keterampilan propulsive berupa penerapan gaya terhadap suatu objek seperti melempar dan memukul.

Bentuk-bentuk gerak manipulatif terdiri dari gerakan mendorong (melempar, memukul, menendang), gerakan menerima (menangkap) dan gerakan memantul-mantulkan bola atau menggiring bola.

Sekarang sudah mengetahui jawaban dari pertanyaan yang merupakan tiga komponen gerakan bukan? Semoga penjelasan di atas dapat mengetahui nama gerakan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. (MZM)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *