• Oktober 24, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Merayakan Hari Koki Internasional dengan memasak dim sum ala chef hotel berbintang.
Merayakan Hari Koki Internasional dengan memasak dim sum ala chef hotel berbintang.

Berkunjung ke restoran bisa jadi salah satu kegiatan favorit masyarakat karena mendapat kesempatan mencicipi masakan terbaik dari para chef yang bekerja di belakang layar. Hari Koki Internasional atau Internasional Day Chef adalah hari yang tepat bagi masyarakat, dan mungkin merupakan salah satu kesempatan terbaik bagi orang-orang untuk belajar cara memasak dan terhubung dengan koki andalan di daerah mereka.

Dalam rangka merayakan Hari Koki Internasional yang diperingati setiap tanggal 20 Oktober, sejumlah hotel di Surabaya menggelar acara kelas memasak dengan menu pilihan para chef mereka. Hotel Ciputra World Surabaya misalnya dalam rangkaian merayakan International Chef Day dengan Cooking Class Dim Sum dan Dim Sum Plating Competition bersama Dim Sum Chef Jumali.

Chef Jumari mengajarkan cara membuat berbagai dim sum, seperti siomay, wonton, hakau, kuotie, dan xiao long bao. Para peserta yang didominasi dari praktisi kuliner itu terlihat antusias mengikuti kelas tersebut. Mereka berkesempatan langsung mencoba membentuk berbagai dim sum yang diajarkan Chef Jumari.

Memasak Dimsum Warnai Perayaan Hari Koki Internasional

“Membuat dim sum tidak bisa sekali atau dua kali, harus banyak berlatih agar terbiasa," ungkap Chef Jumari, Selasa (24/10).

Kemudian kelas dilanjutkan dengan dim sum plating yang dipimpin oleh Chef Irfan. Chef yang sudah berpengalaman di berbagai negara itu mengajarkan bagaimana cara menata dim sum di atas piring dengan metode classic hingga modern. Dim sum yang biasanya disajikan di dalam keranjang pun terlihat cantik setelah dihias di atas piring.

Stephanie Caroline, Marketing Communication Hotel Ciputra World Surabaya mengungkapkan, pada perayaan Hari Koki Internasional tahun ini pihaknya mengadakan cooking class dim sum karena dim sum saat ini sedang tren di Indonesia, khususnya di Surabaya.

"Kami ingin membagikan ilmu kepada para praktisi kuliner dari Chef kami yang sudah berpengalaman puluhan tahun. Selain itu, saat ini food plating bisa dijumpai tidak hanya di hotel tetapi di kafe atau restaurant, sehingga materi ini sangat positif untuk diberikan kepada teman-teman yang ingin memulai usaha kuliner atau yang sudah bergelut di bidang kuliner," tukasnya.

Hari Koki Internasional sendiri mulai ditetapkan pada tahun 2004 oleh Dr. Bill Gallagher, seorang masterchef terkenal sekaligus mantan presiden World Association of Chefs Societies (WACS).

Hari Koki Internasional dirancang agar masyarakat dapat belajar lebih banyak tentang pentingnya peran seorang koki.

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *