• Oktober 30, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Halal. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi Halal. Foto: Shutter Stock

Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi muslim terbesar di dunia telah mengukuhkan diri sebagai pemain utama dalam industri halal global. Dengan lebih dari 225 juta penduduk muslim, Indonesia memiliki pangsa pasar yang signifikan untuk produk dan layanan halal.

Prospek industri halal di Indonesia sangat cerah, dengan pertumbuhan ekonomi yang terus berlanjut dan permintaan yang terus meningkat untuk produk dan layanan yang memenuhi standar halal. Tulisan ini akan membahas potensi besar industri halal di Indonesia, termasuk tantangan dan peluang yang muncul.

Pasar halal di Indonesia semakin besar dan penting dalam perekonomian negara. Menurut laporan dari World Halal Summit 2022, Indonesia adalah salah satu pemain utama dalam industri halal global. Pada tahun 2021, total nilai pasar industri halal Indonesia mencapai sekitar Rp 220 triliun (sekitar 15 miliar dolar AS) atau sekitar 9% dari produk domestik bruto Indonesia.

Angka ini diperkirakan akan terus tumbuh dalam beberapa tahun ke depan. Tingginya permintaan produk halal di Indonesia didorong oleh beberapa faktor. Pertama, populasi muslim yang besar di negara ini memastikan bahwa permintaan akan produk halal selalu tinggi. Kedua, kesadaran konsumen tentang pentingnya produk halal juga meningkat, dengan banyak orang yang semakin sadar akan asal-usul dan kehalalan produk yang mereka konsumsi.

Ilustrasi produk halal.
 Foto: Shutterstock
Ilustrasi produk halal.
Foto: Shutterstock

Pemerintah Indonesia telah aktif dalam mengembangkan regulasi dan infrastruktur yang mendukung pertumbuhan industri halal ini. Kehadiran Badan Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal dalam ekosistem jaminan produk halal di Indonesia menunjukkan kehadiran pemerintah dalam mendukung penuh industri ini.

Pemerintah Indonesia telah pula mendorong investasi dalam industri halal. Selain itu, pemerintah telah pula mengeluarkan berbagai bauran kebijakan untuk mendukung pertumbuhan industri halal ini melalui penguatan ekosistem halal value chain.

Meskipun prospek industri halal di Indonesia sangat cerah, terdapat sejumlah tantangan yang perlu di atas. Salah satu tantangan utama adalah memastikan kepatuhan terhadap standar halal yang ketat.

Proses sertifikasi halal seringkali memerlukan waktu dan biaya yang signifikan terutama bagi produsen kecil dan menengah. Meningkatkan efisiensi proses sertifikasi adalah salah satu Langkah yang perlu diambil untuk memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dalam industri ini.

Selain itu, penting untuk mengatasi masalah keberlanjutan dalam industri halal. Terkadang, penggunaan bahan baku yang ramah lingkungan dalam produk halal masih belum menjadi prioritas.

Ilustrasi produk halal. Foto: Shutterstock
Ilustrasi produk halal. Foto: Shutterstock

Pemikiran ke depan yang berfokus pada keberlanjutan akan membantu menciptakan produk halal yang tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumen saat ini, tetapi juga memastikan lingkungan yang sehat untuk generasi mendatang. Tantangan lainnya ialah meningkatkan pemahaman tentang standar halal di kalangan produsen dan konsumen.

Semakin banyak orang yang memahami arti dan pentingnya sertifikasi halal, semakin besar permintaan untuk produk halal. Pemerintah dan pihak berkepentingan perlu bekerja sama untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman ini.

Terdapat beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk mendorong pengembangan industri halal di Indonesia. Pertama, mengoptimalkan proses sertifikasi halal agar dapat meminimalkan biaya dan waktu yang diperlukan.

Kedua, pemerintah dan Lembaga terkait harus mendorong inovasi dalam produk halal. Ketiga, penguatan rantai pasokan halal agar dapat meningkatkan transparansi dan keamanan dalam rantai pasokan halal. Keempat, program Pendidikan dan pelatihan tentang standar halal perlu ditingkatkan.

Kelima, pemerintah harus memfasilitasi ekspor produk halal Indonesia ke pasar internasional. Keenam memberdayakan UMKM dalam industri halal melalui akses ke pendanaan, pelatihan, dan infrastruktur yang diperlukan.

Melalui strategi pengembangan yang tepat, Indonesia dapat memaksimalkan pertumbuhan industri halal dan memperkuat posisinya dalam perekonomian global. Potensi luar biasa Indonesia untuk menjadi pemimpin global dalam industri halal global tentu akan ditentukan salah satunya oleh dukungan pemerintah.

Tahun 2024, Indonesia akan memasuki pesta demokrasi untuk memilih pemimpin bangsa ini lima tahun yang akan datang. Tentu kita harus mendukung kandidat pemimpin bangsa yang memasukkan program Indonesia sebagai pusat industri halal global dalam pesta demokrasi tahun depan, sehingga kita akan dapat mewujudkan Indonesia unggul.

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *