• Oktober 26, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Mengapa Semua Agama Menganjurkan untuk Saling Menolong. Sumber: Unsplash/Ditto Bowo
Manusia adalah makhluk yang tidak bisa bertahan hidup sendirian. Setiap manusia membutuhkan manusia lainnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Lantas, mengapa semua agama menganjurkan untuk saling menolong?

Saling menolong adalah sikap yang sangat baik. Itulah mengapa sikap ini juga dianjurkan oleh setiap agama.

Mengapa Semua Agama Menganjurkan untuk Saling Menolong?

Ilustrasi Mengapa Semua Agama Menganjurkan untuk Saling Menolong. Sumber: Unsplash/Jem Sahagun

Meskipun ajaran dalam semua agama berbeda, ada satu hal yang sama, tidak ada agama yang mengajarkan hal buruk. Ada banyak perbuatan baik yang bisa dilakukan, misalnya adalah saling menolong sesama.

Semua orang pasti pernah membutuhkan bantuan dari orang lain. Hal ini sangat wajar, mengingat kemampuan yang dimiliki setiap orang terbatas. Oleh karena itu, sudah sepantasnya semua orang mau membantu sesamanya yang membutuhkan pertolongan.

Lalu, mengapa semua agama menganjurkan untuk saling menolong? Dikutip dari Berhenti Sejenak, Sodiq (2019:6), saling meminta tolong adalah hal wajar sebagai konsekuensi dari fitrah manusia sebagai makhluk sosial. Tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.

Semua ajaran agama menganjurkan untuk saling menolong dan anjuran ini bersifat universal. Mengutip dari Fikih Madrasah Ibtidaiyah Kelas V, Burhanudin dan Najib (2021:7), setiap manusia saling membutuhkan satu sama lain. Inilah sebabnya sesama manusia harus saling menolong.

Agama Islam sangat menganjurkan untuk saling menolong dalam kebaikan dan melarang untuk saling menolong dalam kejahatan. Hal ini dijelaskan dalam firman Allah Swt. sebagai berikut.

Dengan saling tolong menolong, masyarakat akan semakin kuat dan harmonis. Masyarakat Indonesia telah lama mengenal dan menjalankan gotong royong. Dalam gotong royong, semua anggota masyarakat bersama-sama mengerjakan hal yang bermanfaat.

Saling menolong memang perbuatan yang sangat baik. Yang perlu diingat adalah saling menolong ini harus dalam hal kebaikan. Jangan sampai saling membantu dalam hal negatif yang akan merugikan banyak pihak.

Mengapa semua agama menganjurkan untuk saling menolong? Jawaban yang tepat adalah karena tidak ada manusia yang bisa hidup tanpa bantuan manusia lainnya. (KRIS)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *