• Oktober 26, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Siapakah Bapak Palang Merah Internasional?, Foto: Unsplash/MTStock Studio.
Palang Merah Internasional adalah organisasi yang bergerak dalam bidang kemanusiaan dengan tujuan melindungi orang-orang yang terluka, baik sipil atau militer. Siapakah bapak palang merah internasional?

Penggagas Palang Merah Internasional adalah Henry Dunant. Dorongan pertama yang membuatnya mendirikan Palang Merah karena banyaknya korban atas kejadian perang Solferino.

Siapakah Bapak Palang Merah Internasional?

Ilustrasi Siapakah Bapak Palang Merah Internasional?, Foto: Unsplash/SARINYAPINNGAM.
Sejarah lahirnya gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Internasional dimulai pada tanggal 24 Juni 1859 di kota Solferino, Italia Utara. Lantas, siapakah bapak Palang Merah Internasional? Dikutip dari Kumpulan Buklet Hari Bersejarah I, Ayatrohaedi (1994: 16), penggagas berdirinya Palang Merah dan Bulan Sabit Internasional.

Pada saat Henry Dunant melintas di kota Solferino, Italia Utara, ia melihat banyak korban perang karena pasukan Perancis dan Italia sedang bertempur melawan pasukan Austria. Puluhan ribu tentara terluka, sementara bantuan medis militer tidak cukup untuk merawat 40.000 orang yang menjadi korban pertempuran tersebut

Setelah kembali ke Swiss, dia menuangkan kesan dan pengalaman tersebut kedalam sebuah buku berjudul “Kenangan dari Solferino”, yang menggemparkan seluruh Eropa. Dalam bukunya, Henry Dunant mengajukan dua gagasan:

Pada tahun 1863, ada empat orang yang akhirnya bergabung bersama Henry Dunant untuk mengembangkan gagasan pertama tersebut. Kemudian bersama-sama membentuk “Komite Internasional untuk bantuan para tentara yang cedera”, yang sekarang disebut Komite Internasional Palang Merah atau International Committee of the Red Cross (ICRC).

Selanjutnya pada tahun 1864, pemerintah federal Swiss memberikan perintah untuk mengadakan konferensi. Oleh karena itu, diselenggarakan Konferensi Internasional yang dihadiri oleh beberapa negara guna menyetujui adanya “Konvensi perbaikan kondisi prajurit yang cedera di medan perang”.

Konvensi tersebut lalu mendapat perbaikan dan perkembangan yang kemudian disebut sebagai Konvensi Jenewa I, II, III, dan IV pada 1949 atau dikenal sebagai Konvensi Palang Merah.

Terbentuknya Palang Merah Internasional ini membuat negara-negara lain sadar akan pentingnya membentuk palang merah di negara masing-masing, salah satunya Indonesia.

Demikian informasi mengenai sosok Henry Dunant sebagai Bapak Palang Merah Internasional. Adanya gagasan kemanusiaan Henry Dunant ini sangat membantu banyak orang. (Umi)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *