• Oktober 19, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Jelaskan Komponen Campuran Beserta Contohnya, Foto: Unsplash/angelp.
Ilustrasi Jelaskan Komponen Campuran Beserta Contohnya, Foto: Unsplash/angelp.

Jelaskan komponen campuran beserta contohnya dalam kimia! Dalam pelajaran tersebut pasti siswa sering menemukan soal tersebut. Terlebih lagi, memahami materi mengenai komponen campuran adalah materi dasar dalam belajar Kimia.

Dalam Kimia dapat dilihat bahwa terdapat banyak zat yang bisa disentuh. Zat tersusun dari partikel-partikel yang tersusun oleh zat tunggal atau campuran. Campuran ini tersusun dari beberapa zat tunggal yang menjadi satu.

Komponen Campuran dan Contohnya dalam Kimia

Ilustrasi Jelaskan Komponen Campuran Beserta Contohnya, Foto: Unsplash/Totojang.
Ilustrasi Jelaskan Komponen Campuran Beserta Contohnya, Foto: Unsplash/Totojang.

Sebelum membahas mengenai soal jelaskan komponen capuran beserta contohnya. Mari pahami terlebih dahulu mengenai zat. Jadi dikutip dari buku Explore Kimia untuk SMA/MA Kelas X karya Ika Stri Ratna (2017: 120), zat adalah sesuatu yang menempati ruang atau massa.

Lantas apa yang dimaksud dengan komponen campuran dan contohnya? Berikut penjelasannya.

A. Mengenal Komponen Campuran

Komponen campuran adalah materi yang terdiri dari beberapa jenis zat atau senyawa yang berbeda. Setiap komponen dalam campuran dapat mempertahankan sifat fisiknya sendiri. Campuran sendiri dibagi menjadi dua kategori utama yaitu campuran homogen dan campuran heterogen.

Campuran homogen adalah campuran yang memiliki komposisi seragam di seluruh bagian campuran. Contoh dari campuran homogen adalah larutan gula dalam air atau udara atmosfer.

Sedangkan, campuran heterogen adalah campuran yang memiliki komposisi yang tidak seragam di seluruh bagian campuran. Contoh dari campuran heterogen adalah suspensi tanah di air atau campuran batu-batu kecil di pasir.

Campuran memiliki banyak kegunaan, seperti dalam pembuatan produk kimia, kosmetik, makanan, minuman, dan obat-obatan.

Campuran juga digunakan dalam proses industri, seperti produksi baja atau pemurnian logam. Namun perlu diolah dengan baik agar tidak menimbulkan resiko yang tidak diinginkan.

B. Contoh Campuran

Campuran adalah komponen yang dapat ditemukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Adapun contoh campuran adalah sebagai berikut:

1. Susu

Susu adalah contoh campuran koloid, di mana partikel-partikel kecil dalam susu tidak terlihat dengan mata telanjang.

2. Udara

Udara adalah contoh campuran yang terdiri dari berbagai gas seperti oksigen, nitrogen, dan karbon dioksida.

3. Larutan Gula dalam Air

Campuran gula dan air adalah contoh campuran homogen, di mana gula terlarut dalam air.

4. Timah dan Timbal

Timah dan timbal adalah contoh campuran di mana campuran memiliki titik lebur konstan dan tidak dapat diubah dengan penambahan atau pengurangan komponen lain.

Baca Juga: Contoh Soal Kimia Kelas 10 Semester 2 Lengkap dengan Kunci Jawaban

Itulah jawaban soal jelaskan komponen campuran beserta contohnya yang bisa digunakan sebagai referensi. Belajar komponen adalah materi dasar dalam Kimia. Terdapat dua jenis zat campuran yaitu heterogen dan homogen. (Umi)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *