• Oktober 23, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Nama-Nama Interval Nada. Foto: dok. Unsplash/Marius Masalar
Soal “sebutkan nama-nama interval nada!” merupakan salah satu pertanyaan yang dibahas dalam mata pelajaran Seni Musik. Dalam materi ini siswa diajarkan tentang apa itu interval nada beserta nama-namanya.

Masing-masing nama interval nada memiliki ciri khas yang berbeda-beda antara satu interval nada dengan interval nada lainnya. Untuk itu, perlu diketahui apa saja yang membedakannya.

Nama-Nama Interval Nada dalam Seni Musik beserta Penjelasannya

Ilustrasi Nama-Nama Interval Nada. Foto: dok. Unsplash/Michael Maasen
Dikutip dari buku berjudul Pembelajaran Seni Musik dan Tari Anak Berkebutuhan Khusus, Amelia Rizky Idhartono (2021: 79), seni musik merupakan cabang seni yang menggunakan bunyi sebagai medianya.

Segala macam bunyi-bunyian dapat dikatakan musik apabila bunyi tersebut memiliki irama dan terasa indah bila didengarkan. Selain irama, dalam musik juga terdapat bunyi dan nada sebagai unsur utama dalam musik. Dalam seni musik juga dikenal interval nada. Apa itu interval nada?

Mengutip buku berjudul Konsep Dasar Seni Musik, Andika Ahmad (2022: 44), interval nada merupakan jarak antara nada satu menuju nada yang lain. Jaraknya sendiri ada yang jaraknya 1⁄2, 1, 1 1⁄2 serta 2. Jarak nada tersebut nantinya akan menentukan variasi nada serta jenis dari tangga nada serta jenis dari tangga nada itu sendiri.

Terdapat beberapa nama interval nada yang umum digunakan dalam seni musik. Sebutkan nama-nama interval nada! Berikut ini adalah nama-nama interval nada beserta penjelasannya.

Itu dia penjelasan soal “sebutkan nama-nama interval nada” yang disajikan lengkap dengan pembahasan singkat dari masing-masing interval nada. Dengan mengenal apa saja nama interval nada, mempelajari seni musik menjadi lebih mudah. (DAP)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *