• Oktober 27, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi jelaskan yang dimaksud dengan unsur pendukung tari. Sumber: pexels/tim gouw
Ada pertanyaan, “jelaskan yang dimaksud dengan unsur pendukung tari”. Tentu pertanyaan tersebut ditujukan kepada orang yang sedang berminat dengan seni pertunjukan tari.

Pertanyaan tersebut juga relevan bagi calon siswa sekolah menengah kejuruan seni tari ataupun calon mahasiswa jurusan seni tari. Teori dasar memang perlu dipelajari terlebih dahulu agar kedepannya lebih mudah dalam mengembangkan salah satu seni pertunjukan ini.

Jelaskan yang Dimaksud dengan Unsur Pendukung Tari!

Ilustrasi jelaskan yang dimaksud dengan unsur pendukung tari. Sumber: pexels/julia volk

Keberanian mempertunjukkan karya seni tari baik tunggal maupun kelompok merupakan sebuah kebanggaan. Saat berani tampil dalam sebuah pementasan tari, berarti seseorang penari individu maupun kelompak harus siap menerima ekspresi dari penonton, apapun itu.

Mengutip Apresiasi Seni: Seni Tari & Seni Musik 3; SMA Kelas XII, Sigit Astono dkk (2006), sebelum dilangsungkan suatu pertunjukan seni tari, sebaiknya dilakukan serangkaian persiapan atau pengorganisasian pergelaran.

Pengorganisasian pergelaran merupakan kegiatan mengelola atau mengoordinasikan seluruh unsur yang telah direncanakan menjadi suatu bentuk pergelaran yang dapat dinikmati oleh penonton.

Dan sekaligus menjawab pertanyaan untuk jelaskan yang dimaksud dengan unsur pendukung tari. Unsur-unsurnya adalah sebagai berikut.

Ragam gerak adalah gerakan yang sudah diberi sentuhan seni. Ragam gerak dapat berupa gerak murni atau gerak maknawi.

Gerak murni adalah gerak yang dibuat untuk mendapatkan bentuk artistik dan tidak dimaksudkan untuk mempunyai makna. Biasanya, gerak ini hanya berfungsi sebagai penghubung gerak saja.

Sedangkan gerak maknawi merupakan bentuk gerak yang telah diubah menjadi gerak indah dan bermakna. Gerak ini juga disebut dengan gesture yang bersifat menirukan, yaitu imitatif (dari binatang dan alam) serta mimitif (dari gerak-gerik manusia).

Iringan adalah musik ritmis yang mengiringi gerak tari. Tari dan iringan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya dapat menghasilkan perpaduan yang harmonis.

Iringan tari dibagi menjadi dua yakni iringan internal yang berasal dari dalam diri penari itu sendiri seperti tepukan dan nyanyian, dan juga iringan eksternal yang berasal dari luar diri si penari, yaitu musik.

Tata rias dan busana adalah unsur penting dalam seni tari. Keduanya menunjukkan identitas tari yang akan dilakukan. Selain itu, tata rias dan busana dapat menambah keindahan karya tari.

Pola lantai adalah unsur tari yang membuat seni tari memiliki kekhasan. Tarian akan terlihat lebih berseni jika pola lantainya indah dan teratur. Pola lantai adalah garis-garis di lantai yang dilalui para penari.

Seni tari tanpa panggung tentu akan kesulitan. Panggung adalah tempat pentas seni dilakukan.

Properti adalah unsur pendukung tari yang terakhir. Unsur properti diadakan untuk menambah efek dramatis tema tari tertentu. Contohnya adalah pedang, keris, jaran kepan, sampur, panahan, piring, dan lain-lain.

Demikian jawaban dari pertanyaan jelaskan yang dimaksud dengan unsur pendukung tari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi yang sedang berminat dengan seni tari. (ARD)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *