• Oktober 19, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Jelaskan Kontribusi Permainan Tradisional di Masyarakat. Sumber: Unsplash/Annie Spratt
Ilustrasi Jelaskan Kontribusi Permainan Tradisional di Masyarakat. Sumber: Unsplash/Annie Spratt

Jelaskan kontribusi permainan tradisional di masyarakat! Saat masih kecil, terdapat berbagai macam jenis permainan tradisional yang sering dimainkan. Beberapa permainan tersebut adalah lompat tali, petak umpet, engklek, dan masih banyak lagi.

Permainan tradisional yang terlihat sederhana ternyata memiliki berbagai kontribusi untuk masyarakat. Hal itu karena selain dapat dimainkan, permainan tradisional juga memiliki nilai-nilai yang luhur.

Jawaban Soal Jelaskan Kontribusi Permainan Tradisional di Masyarakat

Ilustrasi Jelaskan Kontribusi Permainan Tradisional di Masyarakat. Sumber: Unsplash/Xavi Cabrera
Ilustrasi Jelaskan Kontribusi Permainan Tradisional di Masyarakat. Sumber: Unsplash/Xavi Cabrera

Jelaskan kontribusi permainan tradisional di masyarakat! Dikutip dari buku Permainan Tradisional: Prosedur dan Analisis Manfaat Psikologis, Isniwinarti (2017), Bishop & Curtis (2001) mendefinisikan permainan tradisional sebagai permainan yang telah diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Permainan tersebut mengandung nilai “baik”, “positif”, “bernilai”, dan “diinginkan”.

Sementara itu, masih dalam buku yang sama, Dharmamulya (2008), mengungkapkan bahwa permainan tradisional juga merupakan permainan yang mengandung nilai-nilai budaya yang dapat menjadi pemberi identitas bagi sebuah budaya lokal sehingga dapat menjadi local wisdom bagi sebuah budaya.

Dari penjelasan tadi, permainan tradisional memiliki berbagai kontribusi untuk masyarakat. Misalnya adalah mengandung berbagai nilai baik, luhur, dan positif, hingga berisi berbagai nilai budaya lokal.

Nama Permainan Tradisional di Indonesia

Ilustrasi Jelaskan Kontribusi Permainan Tradisional di Masyarakat. Sumber: Unsplash/Dmitry Ratushny
Ilustrasi Jelaskan Kontribusi Permainan Tradisional di Masyarakat. Sumber: Unsplash/Dmitry Ratushny

Permainan tradisional sangat seru untuk dimainkan bersama teman-teman. Selain memiliki beragam jenis, permainan tradisional dianggap murah karena tidak perlu menggunakan berbagai benda yang mahal.

Berikut beberapa nama permainan tradisional yang ada di Indonesia.

1. Engklek

Engklek adalah salah satu nama permainan tradisional yang sudah ada sejak dahulu. Permainan ini berasal dari Jawa. Namun, ternyata permainan engklek memiliki nama lainnya bergantung dengan daerahnya.

Misalnya di Jambi disebut sebagai tejek-tejekan. Sementara di Riau disebut setatak. Permainan ini dimainkan dengan cara melompat pada kotak-kotak yang telah dibuat menggunakan satu kaki. Engklek lebih seru jika dimainkan beramai-ramai.

2. Benteng

Benteng adalah permainan yang dilakukan oleh dua kelompok. Pada setiap kelompoknya akan terdiri dari beberapa orang. Masing-masing kelompok akan memiliki “markas” atau “benteng”. Pemain akan saling menghindar dan berusaha untuk menguasai “benteng” lawan.

Kelompok yang berhasil menguasai benteng lawan akan dianggap sebagai pemenangnya. Permainan ini cukup melelahkan karena harus berlari menghindari lawan.

Baca juga: 8 Nama Permainan Tradisional Bali untuk Anak-anak

Itu tadi adalah jawaban dari jelaskan kontribusi permainan tradisional di masyarakat. Semoga penjelasan tadi dapat menambah wawasan seputar permainan tradisional. (FAR)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *