• Oktober 26, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Rekaman CCTV yang menunjukkan saat napi kasus pemerkosaan berhasil ke luar dari Lapas Kelas II A Manado.
Rekaman CCTV yang menunjukkan saat napi kasus pemerkosaan berhasil ke luar dari Lapas Kelas II A Manado.

MANADO – RB alias Ridho (20), seorang narapidana (napi) kasus pemerkosaan dengan vonis penjara selama tujuh tahun dan telah menjalani hukuman sejak 27 Oktober 2022 lalu, berhasil kabur dari Lapas Kelas II A Manado, pada Rabu (18/10) pekan lalu.

Pria asal Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) ini, memanfaatkan lengahnya para pegawai Lapas Kelas II A Manado, yang pada saat itu tengah sibuk mempersiapkan acara serah terima jabatan Kepala Lapas dari Marulye Simbolon ke Radi Setiawan.

RB alias Ridho berhasil ke luar penjara dengan berjalan santai dan seolah-olah sebagai seorang pekerja yang sedang mempersiapkan kegiatan pisah sambut tersebut. Hal ini terekam dari kamera CCTV Lapas yang memperlihatkan begitu santainya napi tersebut berjalan ke luar lapas.

Kepala Lapas Kelas II A Manado, Radi Setiawan, membenarkan peristiwa tersebut. Menurut Radi, napi dengan nomor register 28520221010003 ini, berhasil memanfaatkan suasana sibuk di Lapas dan kelengahan dari para petugas Lapas.

Namun demikian, Radi mengatakan jika sepekan kemudian, tepatnya Rabu (25/10), pihaknya bekerja sama dengan beberapa pihak berhasil menangkap napi tersebut saat berada di kampung halamannya di Kabupaten Bolmut.

"Saat ini warga binaan itu sudah kembali ditahan dan dimasukkan ke sel isolasi. Kondisinya sehat, baik-baik saja. Tidak ada luka sedikit pun,” katanya.

Radi pun mengakui pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap kasus tersebut. Menurutnya, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi lagi adanya narapidana yang kabur, pihaknya akan melakukan pengecekan ulang sistem keamanan.

"Tentunya ke depan kita terus berupaya tidak ada lagi hal-hal serupa bisa terjadi," ujar Radi kembali.

febry kodongan

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *