WK MEDIA STORE

Novel soal Rumah Firli di Kertanegara: Aneh, Pimpinan KPK Punya Rumah Singgah – WK MEDIA

WK MEDIA –

Novel Baswedan Foto: Haya Syahira/kumparan
Novel Baswedan Foto: Haya Syahira/kumparan

Mantan penyidik senior KPK, Novel Baswedan, mengaku terkejut soal Ketua KPK Komjen (Purn) Firli Bahuri punya rumah singgah di Jalan Kertanegara 46, Jakarta Selatan. Rumah di kawasan elite Kebayoran Baru tersebut termasuk yang digeledah Polda Metro Jaya kemarin, Kamis (26/10).

Rumah itu menjadi sorotan karena tidak masuk dalam laporan daftar aset atau harta kekayaan alias LHKPN Firli Bahuri. Belakangan, Ian Iskandar selaku kuasa hukum Firli, mengatakan bahwa rumah itu hanyalah rumah singgah.

Kata Ian, itu adalah rumah sewaan yang dijadikan tempat istirahat kliennya—yang bertempat tinggal di Bekasi.

"Itu sewa, kalau beliau ke Jakarta mau rehat, istirahat. Karena jarak dari Bekasi ke tempat dia bekerja, kan, cukup jauh, kan. Untuk rehat saja, istirahat," kata Ian kepada wartawan, Kamis (26/10).

Rumah Firli di Bekasi digeledah polisi, Kamis (26/10/2023). Foto: kumparan

Rumah tinggal Firli Bahuri, tambah Ian, adalah di Vila Galaxy, Bekasi.

"Beliau tinggal di rumah ini (Vila Galaxy) sudah cukup lama, hampir 20 tahun. Rumah pribadi ini, setiap hari pulang pergi ke rumah ini," ungkap Ian.

Kepemilikan rumah singgah seorang Ketua KPK, bagi Novel, adalah sesuatu yang aneh. Baru kali ini ada.

"Kita semua dikejutkan dengan adanya rumah di Kertanegara No.46 yang digunakan oleh Firli," kata Novel saat dikonfirmasi, Jumat (27/10).

Aneh, pimpinan KPK punya rumah singgah, baru kali ini. Saya khawatir itu adalah rumah tempat pertemuan terkait dengan hal-hal yang bernuansa korupsi," kata Novel.

Penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya membawa keluar koper dari salah satu kediaman Ketua KPK Firli Bahuri usai melakukan penggledahan di kawasan Jalan Kertanegara, Jakarta, Kamis (26/10/2023). Foto: Aprillio Akbar/ANTARA FOTO

Soal penggeledahan dua tempat yang diduga rumah Firli Bahuri — di Kertanegara dan Bekasi — dianggap Novel sebagai langkah tepat yang akan sangat membantu proses penyidikan.

"Semoga penggeledahan ini bisa mendapatkan banyak informasi, termasuk mengenai dugaan banyak Firli main perkara. Dan juga bila benar dugaan Firli main perkara, bisa diketahui mengenai fakta-fakta dugaan TPPU [pencucian uang] yang terkait dengan Firli," kata Novel.

"Semoga bisa diusut tuntas semua pihak di KPK yang berbuat korupsi selama ini," tambah Novel yang kini berkarier di Polri ini.

Penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya membawa koper ke dalam salah satu kediaman Ketua KPK Firli Bahuri saat penggeledahan di kawasan Jalan Kertanegara, Jakarta, Kamis (26/10/2023). Foto: Aprillio Akbar/ANTARA FOTO

Penggeledahan rumah Firli Bahuri yang dilakukan penyidik Polda Metro Jaya kemarin adalah langkah lanjutan penyidikan dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap Syahrul Yasin Limpo (SYL). Dari penggeledahan di Kertanegara penyidik membawa sebuah koper.

Polda Metro sudah beberapa waktu lalu menaikkan status dugaan pemerasan SYL ini ke tahap penyidikan. Bahkan Firli Bahuri sudah dimintai keterangan sebagai saksi dalam kasus tersebut.

Namun, hingga kini, Polda Metro Jaya belum mengumumkan pihak yang ditetapkan tersangka.

]

Sumber

Exit mobile version