• Oktober 25, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Pameran Seni 'Talawang Kala Kini', Pameran Tunggal Hasil Karya Zakaria Pangaribuan
Pameran Seni 'Talawang Kala Kini', Pameran Tunggal Hasil Karya Zakaria Pangaribuan

Hi!Pontianak – ‘Talawang Kala Kini’, gelaran pameran tunggal karya-karya seniman Kalimantan Barat, Zakaria Pangaribuan yang merepresentasikan bentuk respons terhadap perusakan alam yang saat ini menjadi isu di bumi Kalimantan.

“Karya sebagian besar menceritakan tentang respons semua isu yang terjadi di Kalimantan Barat. Isu tentang konflik adat dan batinnya seorang manusia bagaimana ngerespon sebuah isu yang terjadi di Kalimantan Barat,” ungkap Zakaria saat ditemui Hi!Pontianak di Port 99 Pontianak pada Selasa, 25 Oktober 2023.

Zakaria menambahkan, secara simbol dirinya banyak terinspirasi oleh motif Dayak dan mitologi-mitologi budaya seperti Burung Enggang, Naga, Buaya, Bunga Terong dan banyak hal lainnya. Menurutnya, mitologi masyarakat Dayak mempunyai sebuah pengetahuan yang sangat dekat isu-isu yang terjadi di tanahnya sendiri.

“Salah satu karya yang paling pengin saya kena pengunjung itu ‘Tanah Api Ku Tidak Ku Lupakan’ yang merupakan ‘Tanah Air Ku yang Tidak Ku Lupakan’ karena di Kalimantan Barat sebuah kebakaran hutan saya melihat itu sebuah kebudayaan baru yang sepertinya tidak bisa hilang dan tidak bisa lepas,” ujarnya.

Menurutnya, simbol dua orang yang memegang kertas pada lukisan tersebut melambangkan sebagai proyek dan bendera sebagai proyek-proyek besar yang terjadi di tanah Kalimantan. “Buaya yang merupakan kebudayaan dari masyarakat Bidayu, binatang yang sama sakralnya seperti Burung Enggang. Cuma di sini posisi buaya yang kuat bisa dibalikkan oleh orang-orang yang sebenarnya tidak kuat, Cuma pintar saja,” tambahnya.

Sindiran dan respons terhadap isu di Kalbar tersebut tidak hanya dituangkan dalam bentuk lukisan, tetapi juga sculpture yang juga syarat akan pesan.

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *