• Oktober 30, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Pertemuan antara Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh dengan pihak pemerintah Negeri Sabah, Malaysia. Foto: Dok. Humas Pemprov Sulbar
Pertemuan antara Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh dengan pihak pemerintah Negeri Sabah, Malaysia. Foto: Dok. Humas Pemprov Sulbar

Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) terus melakukan persiapan dalam rangka pembukaan pelayaran yang menghubungkan Pelabuhan Tanjung Silopo di Kabupaten Polewali Mandar (Polman) dengan Lahad Datu, Sabah, Malaysia.

Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh mengatakan pembukaan pelayaran ini memudahkan akses bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) untuk bekerja di Malaysia.

Di samping itu, jalur pelayaran internasional tersebut juga bisa menjadi akses perdagangan antara dua wilayah.

"Pembukaan akses pelayaran Pelabuhan Tanjung Silopo dan Lahad Datu untuk memberikan kepastian pelayanan PMI yang ada di Malaysia," ungkap Zudan dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/10).

Dia menambahkan, pemerintah pusat akan memberikan dukungan berupa penambahan armada untuk memfasilitasi penyeberangan dari Tanjung Silopo ke Lahad Datu.

Melalui Konsulat RI di Tawau, Zudan berpesan agar PMI yang bekerja di Malaysia mendapatkan pelayanan dan merasa terlindungi.

"Ini sebagai upaya kita memberikan kepastian pelayanan kepada masyarakat, utamanya mengenai akses dari Polman, Sulawesi Barat, dan masyarakat Indonesia ke Lahad Datu Malaysia," kata Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) ini.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Sulawesi Barat, Farid, menambahkan rute pelayaran yang menghubungkan Tanjung Silopo dengan Lahad Datu itu juga berpotensi menciptakan kerja sama di sektor industri dan pariwisata.

"Pelabuhan Tanjung Silopo juga akan dibuka sebagai pelabuhan embarkasi dan debarkasi PMI ke Malaysia. Diharapkan ini bukan hanya untuk penumpang orang, tetapi ke depannya digunakan untuk arus barang hasil pertanian," pungkas dia.

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *