• Januari 16, 2024
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyampaikan sejumlah temuan wilayah kerja (WK) atau blok minyak dan gas bumi atau blok migas dengan potensi besar di Indonesia.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji, mengatakan blok-blok tersebut rencananya dilelang pada tahun ini. Adapun total blok migas yang akan dilelang mencapai 10 WK.

“Jadi rencana pada 2024 itu 10 (WK). Kami masih bekerja sama dengan tim mengeksplorasi yang bekerja untuk SKK migas beberapa daerah. Kalau menurut saya informasinya cukup menjanjikan, maka kita akan jadikan juga sebagai WK yang akan dilelang,” ujar Tutuka dalam konferensi pers di Gedung Migas, Jakarta Pusat, Selasa, 16 Januari 2024.

Tutuka menjelaskan beberapa daerah tersebut salah satunya berada di daerah utara Madura. Selain itu, dia juga menyebut kawasan di sekitar blok Andaman yang juga berpotensi besar.

“Beberapa daerah di utaranya Madura itu kalau saya pahami cukup prospektif. Jadi kita akan mencoba melakukannya. Nanti di sekitar blok Andaman itu juga ada yang prospektif, kita akan cobakan juga, akan lelang juga,” tuturnya.

Lebih lanjut, dia mengklaim pemerintah akan terus meningkatkan kegiatan eksplorasi dengan menawarkan blok-blok baru melalui Indonesia Petroleum Bidding Round.

Iklan

Kegiatan hulu masih perlu terus ditingkatkan untuk mencapai target produksi nasional 1 juta BOPD dan 12 BSCFD pada tahun 2030.

Secara keseluruhan rencana lelang pada 2024 tidak jauh berbeda dari 2023, yang juga menawarkan 10 WK. Pada tahun lalu, dilakukan penandatanganan 13 WK PSC dengan total komitmen yang kuat US$ 178,6 juta.

“Karena ada WK dari tahun 2022 yang ikut juga ditandatangani pada tahun 2023. Daerahnya tersebar, mulai dari Sumatra, Jawa, Kalimantan,” ucap dia.

Pilihan Editor: Pertamina Perpanjang Kontrak Blok MLN di Aljazair hingga 35 Tahun

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *