• Oktober 23, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Pengertian Baterai, sumber: unsplash/ClaudioSchawarz
Ilustrasi Pengertian Baterai, sumber: unsplash/ClaudioSchawarz

Pengertian baterai adalah alat yang digunakan untuk mengubah energi kimia menjadi energi listrik yang selanjutnya digunakan untuk mengoperasikan perangkat elektronik. Hampir seluruh perangkat menggunakan baterai sebagai sumber listriknya.

Hal ini memudahkan pengguna karena tidak perlu menyambungkan benda elektronik tersebut ke kabel listrik saat ingin memakainya. Agar dapat memanfaatkan baterai dengan lebih optimal, penting sekali memahami pengertian, jenis, dan fungsinya.

Pengertian Baterai

Ilustrasi Pengertian Baterai, sumber: unsplash/DavidBallew
Ilustrasi Pengertian Baterai, sumber: unsplash/DavidBallew

Mengutip buku Ensiklopedia Sains oleh Mulyadi (2020), pengertian baterai adalah alat listrik kimiawi yang menyimpan energi dan mengeluarkannya ke dalam bentuk listrik. Baterai yang dijual di pasaran memiliki tegangan listrik 1,5 volt. Secara umum, bentuk baterai ada dua, yakni tabung dan kotak.

Ada pula rechargeable battery yang bisa diisi ulang, misalnya seperti baterai pada smartphone. Baterai isi ulang disebut juga dengan baterai sekunder, sementara baterai sekali pakai disebut dengan baterai primer.

Jenis-jenis Baterai

Ilustrasi Pengertian Baterai, sumber: unsplash/SteveJohnson
Ilustrasi Pengertian Baterai, sumber: unsplash/SteveJohnson

Baterai dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan kegunaannya, yakni baterai primer dan baterai sekunder. Adapun penjelasannya yakni sebagai berikut:

1. Baterai Primer

Baterai Primer atau baterai sekali pakai merupakan baterai yang paling sering dijumpai di pasaran dan harganya cukup terjangkau. Hampir semua toko dan supermarket menjualnya karena penggunaannya sangat beragam.

Baterai primer terdiri dari beberapa ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Adapun ukuran tersebut yaitu AAA (sangat kecil), AA (kecil) C (medium), dan D (besar).

2. Baterai Sekunder

Baterai sekunder adalah baterai yang bisa diisi ulang. Baterai ini menghasilkan arus listrik yang sama dengan baterai primer. Hanya saja, reaksi kimia pada baterai sekunder ini juga bisa berbalik atau reversible.

Saat baterai mengalami discharge, maka elektron akan mengalir dari negatif ke positif. Adapun saat sumber energi luar (charger) dihubungkan ke baterai sekunder, maka elektron akan mengalir dari positif ke negatif. Alhasil, maka terjadi pengisian muatan ke baterai.

Fungsi Baterai

Ilustrasi Pengertian Baterai, sumber unsplash/MiaBaker
Ilustrasi Pengertian Baterai, sumber unsplash/MiaBaker

Fungsi baterai adalah menghantarkan listrik ke suatu benda, sehingga benda yang dialiri arus listrik dapat menjalankan fungsinya dengan optimal. Dari proses tersebut, bisa dikatakan bahwa fungsi baterai sangat penting pada benda yang perlu dialiri listrik.

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, hal ini membuat beberapa benda dapat bekerja dengan baik meskipun tidak menggunakan baterai. Namun, hingga detik penggunaan baterai masih tetap digunakan. Contohnya, pada handphone, laptop, dan sebagainya.

Baca juga: Memahami Kelistrikan, Sifat Benda yang Muncul dari Adanya Muatan Listrik

Itulah pengertian baterai beserta fungsi dan jenisnya. Dengan adanya baterai, memungkinkan penggunanya untuk menghidupkan perangkat elektronik tanpa harus mencolok langsung ke sumber arus listrik. (DLA)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *