• Oktober 23, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Pengertian big data. Sumber: pexels.com
Big data adalah istilah yang sering muncul di era teknologi digital seperti sekarang ini. Jadi, tidak heran jika ada banyak orang yang tertarik ingin tahu lebih jauh tentang istilah tersebut. Namun, sebelum melangkah lebih jauh, penting bagi seseorang untuk memahami pengertian big data itu sendiri.

Sebab, dengan memahami pengertiannya, seseorang dapat memahami konsep dasar dari big data. Dengan begitu, akan lebih mudah baginya untuk mengenal contoh-contoh big data yang kerap ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Big Data, Fungsi, dan Contohnya

Pengertian big data. Sumber: pexels.com
Mengutip dari buku Sistem Informasi Pengantar Komprehensif, Muhammad Fairuzabadi, Allans Prima Aulia, dan Iwan Adhicandra (2023:222), dalam konteks teknologi informasi, pengertian big data mengacu pada volume data yang sangat besar, kompleks, dan heterogen yang dihasilkan oleh berbagai sumber data, seperti sensor, perangkat mobile, media sosial, dan aplikasi bisnis.

Selain itu, big data juga bisa dipahami sebagai sekumpulan data yang mempunyai volume atau ukuran yang sangat besar serta terdiri dari data yang terstruktur, semi-terstruktur, dan tidak terstruktur yang bisa berkembang seiring waktu berjalan.

Adapun berbagai fungsi dari big data yang penting untuk diketahui adalah sebagai berikut.

Salah satu contoh penerapan big data yang mudah ditemukan sekarang ini adalah adanya integrasi berbagai platform dan aplikasi penting di lingkungan institusi akademik. Jadi, seseorang bisa mengelola aspek pekerjaan mereka dengan lebih efisien.

Tak hanya itu saja, integrasi teknologi dengan menggunakan big data ini juga dapat membantu penelitian tentang pencapaian mahasiswa dan mengidentifikasi peluang potensial untuk partisipasi yang lebih mendalam dalam prosesnya.

Itu dia penjelasan tentang pengertian big data lengkap dengan fungsi dan contohnya yang menarik untuk dipelajari. (Anne)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *