• Oktober 28, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi apakah fungsi modem? Sumber: unsplash.com/TechieTech Tech
Apakah fungsi modem? Modem adalah singkatan dari modulator demodulator. Alat ini memiliki peranan yang sangat penting dalam menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan internet. Perangkat komputer tidak dapat terhubung tanpa adanya modem.

Modem terdiri dari berbagai macam jenis, di antaranya adalah modem kabel, model nirkabel (wireless), modem CDMA, modem GSM, modem dial up, dan modem ADSL.

Pengertian dan Fungsi Modem

Ilustrasi apakah fungsi modem? Sumber: pexels.com/Thomas Jensen
Apakah fungsi modem? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, modem berasal dari singkatan modulator demodulator. Mengutip buku Antigaptek Hardware Komputer: Pengenalan, Permasalahan dan Solusi oleh Deni Arifianto dan Ari Funatik (2009: 59), modulator adalah bagian yang berfungsi mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan.

Sedangkan demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa sehingga dapat diterima dengan baik. Modem adalah alat yang mempunyai dua fungsi tersebut (modulator demodulator). Saat ini modem dikenal sebagai perangkat untuk menghubungkan komputer pada jaringan internet.

Fungsi modem adalah mengubah sinyal digital dari komputer untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa perangkat telekomunikasi, seperti telepon dan radio. Setelah sampai di modem tujuan, sinyal analog tersebut kemudian diubah menjadi sinyal digital kembali lalu dikirimkan pada komputer.

Jenis-jenis modem yang umum digunakan antara lain:

Modem dial up adalah modem yang digunakan untuk menghubungkan perangkat pada jaringan internet melalui media kabel telepon. Modem jenis ini umumnya bersifat internal dan dipasang langsung pada motherboard.

Modem CDMA adalah modem dengan sistem komunikasi internet melalui jalur komunikasi CDMA (Code Division Multiple Access). Modem CDMA umumnya berbentuk seperti flashdisk USB yang dapat digunakan kapan saja tanpa mengganggung kinerja perangkat komputer.

Modem GSM adalah modem yang menggunakan jalur komunikasi GSM (Global System for Mobile Communication). Seperti halnya modem CDMA, modem GSM juga mempunyai bentuk seperti USB dan dapat pula menggunakan ponsel yang memiliki fungsi sebagai modem.

Modem ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah jenis modem yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat komputer pada saluran telepon untuk terhubung ke jaringan internet. Untuk memasang koneksi ADSL, pengguna perlu memenuhi beberapa ketentuan seperti aturan line telepon di rumah, pemasangan perangkat, dan setup modem.

Demikian penjelasan mengenai pengertian dan fungsi modem dalam jaringan internet. Semoga penjelasan ini dapat menambah wawasan mengenai apa fungsi modem dalam bidang telekomunikasi. (IND)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *